Jakarta (ANTARA) - Presiden Donald Trump mengatakan dirinya telah berbicara kepada Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern via telepon, Jumat, bahwa Amerika Serikat siap memberikan bantuan apapun pasca pembunuhan brutal yang menewaskan 49 orang di dua mesjid di Selandia Baru.

"Saya telah memberitahu Perdana Menteri bahwa kami mendukung solidaritas dengan Selandia Baru - dan bantuan apapun yang dapat diberikan AS, kami siap membantu," cuit Trump di akun Twitter.

Dalam sambutannya di hadapan awak media di Gedung Putih, Trump menambahkan: "Sebelumnya hari ini saya telah berbicara kepada Perdana Menteri Selandia Baru Ardern. Kami segenap negara AS menyatakan duka yang mendalam menyusul serangan teroris di dua masjid. Tempat ibadah yang sakral tersebut seketika berubah menjadi lokasi pembunuhan keji."

Baca juga: AS kutuk serangan masjid di Selandia Baru sebagai 'tindakan kebencian yang ganas''

Seorang pria dengan senjata lengkap di Selandia Baru menewaskan 49 orang. Sementara 42 orang lainnya masih dalam perawatan medis akibat luka, kata polisi. Pada saat itu, para jamaah sedang dalam posisi rukuk ketika solat dan pelaku menyiarkan secara langsung aksinya di media sosial daring.

Ardern menggambarkan peristiwa, pembunuhan massal paling keji dalam sejarah Selandia Baru, sebagai serangan terhadap nilai-nilai negara.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019