Ketua TKD: Ketenangan Ma'ruf Amin bukti kualitas cawapres

id debat cawapres,pemilihan presiden,tkd jatim,machfud arifin,pilpres 2019

Suasana nonton bareng debat cawapres yang digelar TKD Jatim di Surabaya, Minggu (17/3) malam. (Foto Fiqih Arfani)

Surabaya (ANTARA) - Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur Machfud Arifin menilai ketenangan penampilan KH Ma’ruf Amin pada debat menjadi bukti berkualitasnya calon wakil presiden nomor urut 01 tersebut.

"Penampilan dan jawaban KH Ma’ruf Amin di luar dugaan banyak orang, sebab ternyata beliau sangat tenang, hebat dan berkualitas," ujarnya ditemui usai "nonton bareng" (nobar) debat cawapres di Surabaya, Minggu malam.

Menurut dia, modal dasar mengenyam dunia pendidikan di pondok pesantren, ditambah gelar profesor atau guru besar yang disandang, membuatnya mampu menguasai panggung debat.

"Santri itu biasa berdiskusi dan berdebat, jadi tidak salah beliau mampu tampil tenang serta sesuai harapan," ucap mantan Kapolda Jatim tersebut.

Hal senada disampaikan Ketua DPD Hanura Jatim Kelana Aprilianto yang mengakui bahwa penguasaan materi KH Ma'ruf Amin lebih lengkap dan detil, seperti penjelasan terhadap program yang sudah dijalankan selama ini oleh pemerintahan Jokowi.

"Kiai Ma'ruf menunjukkan kelasnya dan tidak asal ngomong. Apa yang disampaikan sangat mengena dan inilah alasan mengapa Pak Jokowi memilihnya," kata politikus senior yang juga ketua Rejo (Relawan Jokowi) Jatim tersebut.

Sementara itu, Nonton bareng debat calon wakil presiden dihadiri ratusan pendukung capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf beserta sejumlah pengurus partai politik yang termasuk dalam Koalisi Indonesia Kerja.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari mengapresiasi arahan-arahan dan jawaban cawapres KH Ma'ruf Amin terkait pendidikan maupun kesehatan.

Ketua fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim itu menggarisbawahi bahwa hanya dalam jangka waktu empat tahun, pemerintahan Jokowi sudah membantu rakyatnya melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Selama ini, kebijakan tentang kesehatan yang pro terhadap rakyat hingga tingkat keluarga sudah dilakukan Jokowi," kata politikus asal Malang tersebut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyelenggarakan debat capres putaran ketiga dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan serta sosial dan budaya.

Tampil dalam debat putaran ketiga adalah calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno.

Pemilihan Presiden 2019 diikuti dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar