Kemendagri imbau seluruh pihak jaga persatuan selama kampanye akbar

id Kemendagri, kapuspen kemendagri bahtiar, kampanye akbar

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar. (Puspen Kemendagri)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri mengimbau seluruh pihak untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan selama penyelenggaraan kampanye akbar yang berlangsung 24 Maret-13 April 2019.

"Kementerian Dalam Negeri mengimbau seluruh pihak menciptakan iklim yang sejuk, aman dan damai. Pilihan boleh beda, namun persatuan dan kesatuan bangsa wajib kita jaga," ujar Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar di Jakarta, Senin.

Kampanye akbar akan dilakukan dalam dua zona yakni A dan B. Masing-masing zona terdiri dari 17 provinsi.

Kedua pasangan capres-cawapres 2019, beserta partai pengusul dan pendukungnya akan melakukan kampanye akbar secara bergantian di masing-masing zona setiap dua hari sekali, guna mencegah kericuhan.

Bahtiar mengatakan terkait kampanye akbar itu, Kemendagri telah memerintahkan jajaran ASN Kemendagri di daerah untuk tetap menjaga netralitasnya.

Seluruh jajaran Kementerian Dalam Negeri, menurutnya, juga akan mendukung penyelenggara pemilu untuk menggerakaan partisipasi masyarakat dalam pemilu dengan datang ke TPS pada tanggal 17 April 2019.

"Supaya target penyelenggara pemilu atas partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen bisa tercapai, jika perlu kami berharap bisa capai 80 persen atau lebih," ujar dia.

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar