Wujudkan wisata syariah Pemkab Serang gelar MTQ di Anyer

id mtq,Kabupaten Serang,Banten,wisata syariah

Bupati Serang, Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah saat pembukaan MTQ di Pantai Anyer, Selasa (19/03/2019). (FOTO ANTARA/Sambas)

Serang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Serang, Provinsi Banten, menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-49 pada 2019 di Kecamatan Anyer dan Cinangka, sebagai salah satu upaya memulihkan pariwisata pantai pascatsunami Selat Sunda, sekaligus mewujudkan wisata syariah di Kabupaten Serang.

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Serang, Febrianto di Serang, Selasa, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari, Senin (18/3) hingga Kamis (21/3) itu, awalnya akan digelar di Kecamatan Pabuaran. Namun Bupati Serang meminta secara khusus dialihkan ke Kecamatan Anyer dan Cinangka.

“Setiap tahun, tempat kegiatan MTQ bergantian antarkecamatan. Untuk tahun ini dialihkan ke Anyer dan Cinangka,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan MTQ Kabupaten Serang dipindahkan ke lokasi pariwisata Anyer dan Cinangka sebagai salah satu upaya memulihkan Pantai Anyer dan Cinangka pascatsunami Selat Sunda akhir 2018.

“Beberapa hari pascatsunami, kami mendapatkan perintah agar melaksanakan MTQ tahun ini di Anyer. Ibu bupati juga ingin benar-benar mewujudkan wisata syariah di Kabupaten Serang,” kata Febri.

Pada MTQ tersebut, digelar pawai taaruf, pameran UMKM Kabupaten Serang, serta menampilkan artis nasional Veve Zulfikar. Selain itu, bupati Serang juga meminta aparatur Pemkab Serang untuk menggelar bakti sosial.

“Terutama memberikan sumbangan sembako kepada masyarakat. Ribuan sembako sudah kami salurkan,” katanya.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah dalam sambutannya mengatakan, tamu undangan maupun peserta MTQ diharapkan bisa menginap di sejumlah hotel yang ada di Pantai Cinangka dan Anyer.

 Saat ii, sejumlah pengelola hotel dan vila memberikan diskon besar kepada tamu yang menginap.

Tatu menambahkan, pemulihan pariwisata Anyer dan Cinangka bukan hanya melalui MTQ, tetapi juga ajang Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF). Pada ajang ini, sudah digelar kegiatan gowes jelajah wisata Banten (Sejabat) bersama BNN Provinsi Banten.

Kegiatan lain akan segera digelar, yakni color run, trail, Festival Silat Kaserangan, Mancing Selat Sunda, hingga lomba kicau burung.

“Kami juga meminta Pemerintah Provinsi Banten dan pemerintah pusat ikut menggelar berbagai kegiatan di Pantai Anyer dan Cinangka. Insya Allah, pariwisata pantai kembali bangkit,” katanya.

Baca juga: Desa Wisata Serang targetkan pendapatan Rp5 miliar

Baca juga: Pengelola Desa Wisata Serang mengharapkan perbaikan jalan

Pewarta : Sambas
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar