Pengungsi banjir bandang di Kabupaten Jayapura mencapai 9.691 orang

id banjir

Warga mengungsi dari permukimannya yang dilanda banjir bandang di sekitar Danau Sentani, Sentani, Jayapura, Papua, Selasa (19/3/2019). Akibat banjir bandang yang melanda Sentani sejak Sabtu (16/3) lalu, jumlah warga yang mengungsi ke sejumlah posko pengungsian bertambah menjadi sedikitnya enam ribu orang. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/wsj. (ANTARA FOTO/ZABUR KARURU)

Jayapura (ANTARA) - Jumlah warga korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura, Papua yang mengungsi mencapai 9.691 orang, tersebar di 11 titik, termasuk di perkantoran Pemda Jayapura di Gunung Merah.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal  di Jayapura, Selasa malam, mengatakan jumlah pengungsi diperkirakan terus meningkatnya  yang berasal dari 27 lokasi di Kabupaten Jayapura akibat  banjir bandang juga karena meluapnya air Danau Sentani.

“Curah hujan di kawasan Sentani dan sekitarnya masih tinggi, sehingga masyarakat memilih mengungsi ke tempat yang dianggap aman,” kata Kamal.

Mengenai  korban yang masih dirawat di rumah sakit, Kamal mengatakan saat ini tercatat 20 orang yang masih dirawat di berbagai rumah sakit termasuk di RSUD Dok 2 Jayapura yang dievakuasi dari RS Bhayangkara.

"Sebagian besar korban sudah diperbolehkan pulang dan melakukan rawat jalan," kata Kamal.

Banjir bandang yang terjadi Sabtu (16/3) menyebabkan sejumlah fasilitas umum rusak berat termasuk 375 rumah warga rusak.

Pewarta : Evarukdijati
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar