Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional melalui tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) membangun jembatan darurat di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, yang bisa dipakai para korban banjir bandang di kawasan itu.

"Baznas membangun jembatan darurat agar jalan penghubung masyarakat yang terputus bisa terhubung kembali," kata Kepala BTB Dian Aditya Mandana Putri dalam keterangan tertulis yang diterima Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan banjir yang menerjang kawasan Sentani pekan lalu membuat sejumlah fasilitas umum rusak, salah satunya jembatan di Kelurahan Hinekombe.

Jembatan yang dibangun BTB, kata dia, menjadi penghubung antara Komplek BTN Sosial dengan Perumahan BPD Gunung, Sentani.

Proses pembangunan jembatan darurat, lanjut dia, dilakukan BTB secara gotong royong bersama masyarakat sekitar pada Kamis pagi. Jembatan itu dibuat menggunakan balok kayu yang berasal dari batang pohon kelapa.

Dian menuturkan BTB sejak Minggu (17/3) bersama tim SAR gabungan juga terus melakukan proses pencarian korban hilang pascabanjir bandang yang menerjang.

Dengan menyisir sejumlah titik di wilayah Sentani, kata dia, sampai saat ini sudah ditemukan sebanyak delapan korban dari laporan sebanyak 79 korban hilang.

Baznas juga mendirikan posko di Jalan Kemiri, Sentani, yang menjadi pusat pelayanan pendistribusian logistik bantuan dan makanan siap saji.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019