Jakarta (ANTARA) - Messenger, aplikasi perpesanan milik Facebook, sekarang memiliki sejumlah fitur yang sebelumnya hanya ada di WhatsApp, seolah mengindikasikan bahwa rencana integrasi dua aplikasi itu dengan Instragram semakin dekat.

Facebook hari ini merilis pembaruan Messenger dan mengumumkan sejumlah fitur baru dalam versi terbaru aplikasi ini, di antaranya adalah dalam hal membalas pesan (reply). Sekarang pengguna bisa mengutip pesan teman untuk membalasnya (quoted replies) seperti yang selama ini ada di aplikasi perpesanan paling populer milik Facebook juga, yakni WhatsApp.

Hadirnya fitur ini memungkinkan pengguna Messenger bisa membalas secara khusus pesan teman tertentu dalam obloran grup yang ramai, sehingga tetap tidak kehilangan konteks pembicaraan.

Selain menghadirkan quoted replies, dalam pembaruan ini pengguna juga dapat melihat Messenger Stories teman di dalam satu obrolan, demikian juga sebaliknya teman bisa melihat Messenger Stories Anda.

"Messenger ingin Anda membangun percakapan yang lebih baik dan lebih bermakna dengan teman dan keluarga Anda," kata Facebook dalam rilis versi terbaru Messenger, dikutip Kamis.

Seperti halnya WhatsApp, Messenger juga bisa digunakan untuk berbagi foto dan video, melalui Messenger Camera, tambahkan filter, lalu kirim ke teman atau bagikan ke Stories.

Messenger juga bisa untuk panggilan suara dan video, berbagi lokasi, dan sudah terintegrasi dengan SMS melalui nomor ponsel pengguna. Jadi, pengguna cukup menggunakan satu aplikasi, Messenger, untuk ngobrol dan menerima atau mengirimkan SMS.

Bahkan, Messenger bisa digunakan untuk mengirimkan uang, meskipun sejauh ini baru bisa dinikmati untuk pengguna di AS, Inggris, dan Prancis.

Pengguna bisa mengirim uang dan terima kirman uang dari temen melalui aplikasi ini dengan menambahkan kartu kredit atau akun PayPal.

Baca juga: Facebook akan integrasikan Messenger, WhatsApp dan Instagram

Baca juga: Facebook Messenger kini punya fitur baru untuk selfie dan stiker AR

Baca juga: Facebook buat Messenger terbaru lebih sederhana

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019