Serang (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Banten beserta Korem 064/MY Serang menggelar apel bersama gelar pasukan operasi kepolisian ‘Mantap Brata 2019’ dalam rangka persiapan kampanye rapat umum Pemilihan Umum 2019, di Alun-alun barat Kota Serang, Jumat.

Apel gelar pasukan dengan tema "Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri Dengan Komponen Bangsa Lainnya Guna Mewujudkan Kamdagri yang Kondusif" dipimpin langsung oleh Kapolda Banten Irjen pol Tomsi Tohir, dan didampingi Danrem 064 /MY, Kol Inf Windiyatno. Selain Kapolda dan Danrem, hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Banten Wahidin Halim, Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah serta Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkominda) dan juga unsur penyelenggara pemilu di Banten, ormas dan perwakilan partai politik.

"Apel gelar pasukan ini diselenggarakan di seluruh jajaran dengan tujuan mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana sebelum diturunkan untuk pelaksanaan kegiatan pengamanan, khususnya dalam menghadapi kampanye rapat umum," kata Kapolda Banten.

Menurutnya, sinergitas Polda Banten dan TNI serta Forkopimda ini, merupakan bentuk upaya guna memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat serta menciptakan situasi aman damai dan sejuk seperti yang didambakan oleh masyarakat. Oleh sebab itu, bersama unsur penyelenggara pemilu KPU, Bawaslu, Timses, Pemprov dan Pemda di seluruh kabupaten dan kota dilaksanakan deklarasi damai pemilu 2019.

"Semua dilakukan untuk pemilu yang sukses dan penegakan pemilu yang profesional," katanya.

Adapun isi deklarasi pemilu damai tersebut yakni senantiasa menjunjung tinggi Pancasila, Undang undang dasar 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Kemudian mentaati semua ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara untuk jumlah seluruh personel pengamanan gabungan dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 di wilayah Provinsi Banten sebanyak 9.000 personel.

Adapun personel yang ikut dalam apel gabungan diantaranya khusus di Kota Serang ada sekitar 4 ribu personel yang terdiri dari 9 batalyon terdiri dari 1 Batalyon Gabungan TNI (Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara), 1 Batalyon Gabungan Polri (Brimob, Samapta dan Airud), 3 Batalyon Gabungan Personel Polda Banten (Itwasda, Biroops, Biro SDM, Biro Log, Biro Rena, Ditintelkam, Ditreskrimum, Ditreskrimsus, Ditresnarkoba, Dittahti, Ditlantas, Bidkeum, Ditsamapta, Yanma, Ditpropam, Bidkeu, Setum, SPKT, SPN, Ditbinmas, Biddokes, Ditpamobvit, Bidhumas, Bidtik) 1 Batalyon Polres Serang Kota, 1 Batalyon Polres Serang Kabupaten, 1 Batalyon Polres Cilegon, 1 Batalyon Gabungan (Satpol PP, Satpam, Senkom, Pokdar Kamtibmas, Pramuka dan Ormas) dan 1 Batalyon Linmas.

Pewarta: Mulyana
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019