TKN pilih Banten untuk mulai kampanye terbuka pertama

id Kampanye Jokowi, pilpres 2019,hasto kristiyanto

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir dan Sekretaris TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristyanto memaparkan jadwal kampanye terbuka Capres Nomor Urut 1 Joko Widodo di Posko Cemara Jakarta, Sabtu (23/3). (ANTARA / Maria Rosari)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristyanto, mengatakan alasan TKN memilih Kota Serang, Provinsi Banten sebagai lokasi pertama kampanye terbuka Capres Nomor Urut 1 Joko Widodo pada Minggu (24/3).

"Kita milih di Banten karena hasil undian kami dapat zona B dan di dalamnya ada Provinsi Banten," ujar Hasto di Posko Cemara Jakarta, Sabtu (23/3).

Hasto mengatakan kampanye terbuka pertama di Banten merupakan momentum yang sangat baik bagi pasangan Jokowi - Ma'ruf, karena Banten merupakan salah satu lokasi bersejarah.

"Mulai dari kerajaan-kerajaan di Banten yang saat itu sudah membangun hubungan diplomatik sangat baik dan kemudian Kyai Ma'ruf juga lahir di Banten," ujar Hasto.

Selain itu Banten juga dipilih karena memiliki jumlah data pemilih tetap yang besar, sehingga menjadi momentum yang baik untuk memperkuat dukungan Paslon Nomor Urut 1, jelas Hasto.

"Seluruh partai koalisi termasuk PDIP besok pagi akan mengadakan kampanye terlebih dahulu untuk mengkondisikan, sehingga ketika kampanye dihadiri oleh pak Jokowi dan Kyai Ma'ruf, seluruh partai koalisi Indonesia Kerja bergerak ke Banten," jelas Hasto.

Lebih lanjut Hasto mengatakan TKN pada dasarnya menjadikan seluruh provinsi di Indonesia penting untuk didatangi. Namun mengingat keterbatasan waktu, maka tidak seluruh kampanye dapat dihadiri oleh Jokowi dan Ma'ruf secara bersamaan.

"Kami membagi wilayah di mana ada yang dihadiri oleh pak Jokowi atau Kyai Ma'ruf saja, ada yang dihadiri oleh para juru kampanye nasional, ulama, tokoh-tokoh partai, kemudian caleg, para menteri kabinet, dan kemudian tokoh-tokoh nasional," ujar Hasto.

Adapun jumlah juru kampanye nasional tim kemenangan Jokowi - Ma'ruf dikatakan Hasto lebih dari 5.300 orang dan dikerahkan di seluruh Nusantara.

Terkait dengan menteri Kabinet Kerja yang membantu kampanye Paslon Nomor Urut 1, adalah para menteri yang sudah mengajukan cuti seperti Puan Maharani, Siti Nurbaya, Pramono Anung, dan Hanif Dhakiri.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu no urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan no urut 02 Prabowo-Sandiaga.

Baca juga: Tim Jokowi-Ma'ruf susun jadwal kampanye

Baca juga: Kampanye terbuka dimulai, TKN umumkan jadwal Jokowi

Pewarta : Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar