Pendukung Paslon 01 di UK gelar doa kedamaian bangsa

id Paslon01

Pendukung Paslon 01 di Inggris gelar doa dan salawat Asyghil untuk kedamaian bangsa. (Istimewa)

London (ANTARA) - Para Relawan Capres Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf yang terdiri dari Gerakan Wadyabala Jokowi atau disingkat (GWJ) Inggris Raya, Bara JP dan PR Bravo 5 UK serta wakil dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengelar doa bersama dan tauziah bertema "Amar ma'ruf nahi munkar," serta melantumkan sholawat Asyghil untuk kedamaian bangsa.

Acara doa bersama dan membacaan sholawat Asyghil itu dipimpin Ustazah Kartini serta doa dari Pak Musa Ansori (85) kawan dekat Gus Dur diadakan di kediamanan keluarga diaspora Indonesia pasangan Roswati dan suami Christian Cano asal Jerman Perancis di daerah Springdale dalam acara #01BukaRumah open house pertemuan rutin berkala dalam bulan Maret.

Ketua GWJ Zulinda Berry Natalegawa kepada Antara London, Senin mengatakan dalam pertemuan pendukung Paslon 01 juga diikuti berbagai organisasi Relawan Jokowi Ma’ruf yang ada di Inggris seperti Bara JP yang dipimpin Jenny Collier dan PR Bravo 5 UK pimpinan Lenny Stoddart dari Windsor dan Shandy Adiguna, wakil dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Acara diawali dengan pertemuan di stadium sepakbola Emirates, Minggu siang yang berhasil menarik perhatian warga Inggris serta wisatawan yang berkunjung ke markas besar klub sepakbola Arsenal yang kebetulan kostum nya berwarna merah.

Acara #01BukaRumah open house itu diawali dengan tauziah yang disampaikan Ustazah Kartini bertema "Amar ma'ruf nahi munkar,” mengajak orang untuk melakukan kebaikan dan melarang orang berbuat yang tidal baik kapan saja dan dimana saja. Apabila ada teman yang membicarakan tentang temannya sebaiknya diingatkan untuk tidak membicarakan orang lain. Semoga kita bisa saling mengingatkan karena Amar ma'ruf nahi munkar, hanya diberikan kepada umat Muslim," demikian Kartini.

Dalam acara #01BukaRumah open house dan doa bersama juga diadakan video call dengan para tokoh Indonesia seperti dengan Ketua Muslimat NU Yenny Wahid, caleg PSI Dapil Luar Negeri Tssmara Amany, anggota DPR Adian Napitupulu dan Dewan Pengarah Jokowi-Amin Dr Marsetio.

Dalam pertemuan itu juga diadakan video call atau telewicara online dengan Yenny Wahid mengatakan kenapa ia memutuskan bergabung dalam Paslon 01 yang sebelumnya mengambil posisi netral. Saat ini saya harus terjun langsunh karena alasan yang sederhana, “Jokowi mengingatkan saya dengan Gus Dur karena Jokowi dan Gus Dur berdua sama-sama menghadirkan keadilan sosial melalui pemberian hak-hak kepada seluruh warga Indonesia agar kedudukan dan setara dimata hukum.”Saya meliat pak Jokowi telah menghadirkan keadilan bagi seluruh masyarakat apapun latar belakang," ujarnya.

Seperti memastikan hak-hak semua warga Indonesia dengan kesejahteraan yaitu memastikan ada keterhubungan antara orang-orang di kota dan di desa. Selain itu juga hak kesehatan bagi semua warga Indonesia.

Menurut Yenny Wahid, Gus Dur dan Jokowi keduanya mempunyai keberanian seperti hal nya saat Jokowi pergi ke Natuna dengan mengunakan pesawat perang menunjukkan kepada China dan pesan agar China tidak menganggu tetorial atas kedaulatan tanah air Indonesia. Tidak ada negara manapun di dunia yang menganggu kedaulatan dan tetorial bangsa Indonesia, ujarnya menambahkan bahwa hal seperti ini yang dilakukan Jokowi.

Hal yang menarik dan utama adalah masalah keIslaman seorang Jokowi, ia adalah seorang muslim yang taat yang menjalankan ibadah bukan untuk dipamerkan atau menarik perhatian orang lain karena ibadah yang dilakukan bersifat sangat pribadi seperti sholat, puasa dan lainnya. Begitu pun masalah hoax semua itu tidak berdasar, demikian Yenny Wahid.

Sementara itu Musa Ansori yang berusia 85 tahun salah seorang rekan Almarhum Gur Dur yang menyapa Ibu Yenny Wahid sebelum menyapaikan pesan-pesannya kepada para pendukung Paslon 01.

Menurut Musa, dirinya sudah kenal lama dengan Gus Dur dan waktu dulu kalau Gus Dur ke London selalu bertemu pak Musa yang pernah bekerja di KBRI London. "Saya dulu sering berhubungan dengan Gus Dur terutama saat Gus Dur menjadi presiden dan juga sering jumpa dengan Yenni dengan adik-adiknya. Senang bisa bertemu dengan bu Yenni meskipun hanya melalui jaringan telephone," demikian Musa.

Sementara itu Lenny Stoddart kepada Antara mengatakan meskipun jauh-jauh datang dari Windsor ia merasa sangat senang melihat masyarakat Indonesia khusus para pendukung Paslon 01 bersatu dalam acara silaturahmi dan berdoa bersama.

 


Pewarta : Zeynita Gibbons
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar