Tangerang (ANTARA) - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Banten 2019 yang digelar di Kota Tangerang pada 25-29 Maret 2019  diramaikan oleh 487 kafilah dari  delapan kabupaten dan kota di Banten.

"Ini sesuai dengan misi daerah ini bahwa perlu meningkatkan peranan nilai-nilai agama dalam kehidupan bermasyarakat menuju masyarakat yang religius," kata Ketua LPTQ Kabupaten Tangerang, M. Maesyal Rasyid di Tangerang, Senin.

Berdasarkan laporan panitia, MTQ Banten diikuti kafilah dari delapan kabupaten dan kota di Banten dengan perincian, tuan rumah Kota Tangerang sebanyak 62 kafilah, dan 62 kafilah dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Tangerang.

Sedangkan daerah lain yang mengikuti berikutnya, Kota Tangerang Selatan, Kota Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang masing-masing 62 kafilah.

Sementara itu untuk kontingen dari Kota Cilegon sebanyak 58 kafilah dan Kabupaten Lebak (57 kafilah), maka total kafilah 487 orang

Maesyal mengatakan sudah melakukan berbagai persiapan dengan pihak terkait untuk mengirimkan  qori/qoriah terbaik yang pernah menjadi juara pada tingkat kecamatan.

MTQ tingkat provinsi tersebut  membuka 13 cabang untuk dilombakan, yakni antara lain Tilawah untuk golongan dewasa, remaja, anak-anak, murathal dan penyandang disabilitas netra.

Sedangkan cabang lainnya, Tahfidz Quran, golongan satu juz, lima juz, 10 juz, 20 juz serta 30 juz, serta cabang Tafsir Quran, untuk Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Dia mengatakan cabang lomba lainnya adalah Musabaqah Fahmil Quran (MFQ), Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) dan Musabaqah Hifdzil Hadits (MHH) serta Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK).

Menurut dia lomba lainnya adalah Musabaqah Khotil Quran (MKQ) golongan naskah Quran, Hiasan Mushaf Alquran, Dekorasi Quran, Kontemporer Quran dan Musabaqah Makalah Quran (MMQ).

  


Baca juga: Bocah asal Kabupaten Bogor juara pertama MTQ Internasional di Qatar
Baca juga: Puluhan mobil hias memeriahkan pawai taaruf MTQ ke-51

 

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019