Denpasar (ANTARA) - Kunjungan kerja Komisi X Dewan Perwakilan Daerah (DPR-RI) yang membidangi pariwisata memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Denpasar yang telah mampu mengembangkan pariwisata berwawasan budaya di kota setempat.

Wakil Ketua Komisi X DPR, Dr. Reni Marlinawati bersama Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Dra. Ni Wayan Giri di Denpasar, Selasa, mengatakan pihaknya telah mengamati bahwa Pemkot Denpasar telah mampu mengembangkan pariwisata budaya.

Pada kesempatan tersebut rombongan DPR di terima Sekda Kota Denpasar, Anak Agung Rai Iswara didampingi Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Denpasar Ida Bagus Sidartha Putra beserta OPD terkait di lingkungan Pemkot Denpasar.

"Saya melihat secara langsung ternyata memang benar Kota Denpasar merupakan kota pariwisata berwawasan budaya, terlihat dari masyarakat Denpasar yang masih mempertahankan adat-istiadat budaya Bali, baik itu tradisi maupun tata cara berpakaian di zaman milenia ini, dan saya sangat mengapresiasi Kota Denpasar," ujar Reni Marlinawati

Lebih lanjut Reni Marlinawati mengatakan proses pembangunan pariwisata di Denpasar sangatlah tertata dengan pariwisata budaya serta tradisinya, ini sangat kental terlihat dan dirasakan di Denpasar atmosfirnya sangatlah berbeda.

Dikatakan dia, budaya di sini sangat bagus dalam menunjang pariwisata dan cuma di Bali bisa merasakan hangatnya pariwisata budaya yang kental namun indah dengan keanekaragamannya. Dan pantaslah Bali sangat dikenal di mata dunia karena budaya dan kearifan lokalnya yang sangat ramah.

"Saya berharap Denpasar bisa terus mempertahankan pariwisata budaya ke depannya dan jangan sampai tergerus akan modernisai, apa lagi sampai terimbas zaman dengan mengikuti budaya luar, karena warisan budaya seperti inilah yang membuat bangsa Indonesia kuat," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kota Denpasar Rai Iswara menyambut baik kedatangan Komisi X DPR ke Kota Denpasar. Karena dengan kedatangan anggota Komisi X DPR bidang kepariwisataan ini memang diharapkan untuk menyuarakan Denpasar sebagai kota pariwisata berwawasan budaya.

Sehingga ke depannya bisa memberikan suatu vibrasi kebahagiaan dan kesejahteraan kepada masyarakat Kota Denpasar yang selalu bersandar pada budaya, untuk itu Kota Denpasar memiliki visi yakni "Kota Kreatif" berlandaskan budaya dalam berkesinambungan menuju keharmonisan. Karena budaya merupakan kekuatan pariwisata di Kota Denpasar.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019