JK: Teknologi komunikasi efisiensi urusan kepemerintahan

id Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, SPBE Tahun 2018, Wakil Presiden, Jusuf Kalla, Bidakara, Jakarta

Wapres Jusuf Kalla usai penyerahan piagam penghargaan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, SPBE Tahun 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta pada Kamis (28/3/2019). (Foto: Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan perkembangan teknologi komunikasi melalui internet memberikan efisiensi kepada pengurusan administrasi kepemerintahan.

"Bayangkan suatu teknologi yang demikian berkembangnya sehingga bisnis dan pemerintahan bisa diatur dari mana saja. Pak gubernur, pak bupati bisa memerintahkan pemerintahannya dari kantongnya, sehingga demikian cepatnya," kata Wapres dalam sambutannya saat menghadiri acara penyerahan hasil evaluasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta pada Kamis.

Menurut Wapres, pelayanan bagi masyarakat pun dapat dipercepat dan dipermudah.

Bahkan pengguna telepon pintar dapat tersambung ke dunia maya untuk melakukan komunikasi formal baik untuk laporan ke kantor maupun pekerjaan, hingga kepada belanja daring.

Kemudahan sistem komunikasi juga memperkecil potensi pungutan liar melalui penggunaan "e-budgeting", maupun "e-controlling".

"Untuk pemerintah yang juga digital, jadi macam-macam istilahnya ada 'e-government', ada digital 'government', ada 'online government' itu artinya sama saja bahwa bagaimana pemerintah melayani masyarakatnya dengan sistem yang baik dan lebih cepat," demikian Wapres.

Kalla juga meminta jaringan komunikasi nasional dapat terbentuk sehingga koordinasi antar-kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah semakin baik.

Pewarta : Bayu Prasetyo
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar