Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menekankan konsep pembangunan daerah yang tengah direncanakan harus mampu meningkatkan angka pertumbuhan dan kualitas kehidupan masyarakat.

“Temanya di tahun depan adalah pertumbuhan yang berkualitas. Maknanya, pertumbuhan ekonomi meningkat dan harus dirasakan oleh semua lapisan masyarakat," kata Anies saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Administrasi Jakarta Timur di Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis.

Dijelaskannya bahwa kualitas menjadi perhatian, sehingga pertumbuhannya harus merata. Diharapkan pada tahun 2020 pemerataan pembangunan ini makin kuat.

Anies juga menginstruksikan pembangunan ruang ketiga sebagai tempat interaksi seluruh lapisan kelas sosial ekonomi warga dan juga pembangunan infrastruktur yang mengutamakan pejalan kaki.

“Kita ingin bangun ruang ketiga yang dirancang untuk membuat interaksi lintas kelas sosial-ekonomi. Saya berharap, nantinya infrastruktur di Jakarta Timur seluruhnya mengutamanakan pejalan kaki,” kata Gubernur.

Dia menegaskan kembali mengenai konsep pembangunan ke depan dalam menciptakan sebuah kota yang maju serta warga yang bahagia, sekaligus memposisikan Jakarta sebagai kota global.

“Kita ingin kebahagiaan warga menjadi perhatian dan kebahagiaan ada kaitannya dengan harapan. Kami ingin harapan warga dimasukkan program sehingga kebahagiaan warga muncul,” kata Anies.

Musrenbang yang dihadiri oleh para perwakilan dari seluruh lapisan masyarakat itu dibuka dengan pemberian penghargaan kepada para pendamping RW yang turut diapresiasi oleh Anies.

“Hal yang menarik di sini adalah pemberian penghargaan kepada pendamping RW karena mereka sangat membantu menyerap aspirasi masyarakat. Sehingga, dapat diterjemahkan menjadi program,” katanya.***2***

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019