Nobar ini adalah bagian pendidikan politik kepada masyarakat umun karena yang hadir di kegiatan ini khalayak ramai
Pontianak (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar menggelar Nonton Bareng (Nobar) Debat Capres ke empat di Warkop Upgrade Pontianak sebagai ajang pendidikan politik kepada masyarakat.

"Nobar ini adalah bagian pendidikan politik kepada masyarakat umun karena yang hadir di kegiatan ini khalayak ramai," ujar Komisioner KPU Kalbar, Mujiyo di Pontianak, Sabtu, malam.

Ia menambahkan melalui Nobar Debat Capres antara Paslon nomor urut 01, Joko Widodo dengan nomor urut 02, Prabowo Subianto, masyarakat bisa mengetahui visi dan misi calon terkait tema yang dibahas.

"Dengan Nobar ini juga masyarakat yang hadir dan tentu ada yang berbeda - beda pilihan bisa saling menyapa, berbaur dan penuh suka cita menyambut debat antar pilihannya masing - masing," kata dia.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga persaudaraan dan persatuan bangsa dalam Pemilu 2019.

"Paska debat mari kita tetap santun dan jangan saling menjelekkan atau pun menjatuhkan satu sama lain terutama di media sosial maupun dalam pergaulan sehari - sehari," pesan dia.

Sementara itu, Komisioner KPU Kalbar, Trenggani pada saat Nobar mengajak masyarakat untuk menyambut Pemilu 2019 dengan penuh suka ria dan penuh persaudaraan.

"Namanya pesta demokrasi, mari kita penuh suka ria dan senang dalam prosesnya hingga waktu pemilihan," ajak dia.

Menurutnya agar pesta demokrasi berjalan gembira dan lancar maka harus dihindari ujar kebencian, saling hujat, berita hoaks dan hal - hal yang mengganggu Pemilu 2019.

"Untuk gembira harus bebas hal yang mengganggu termasuk bagaimana Kamtibmas terjaga dengan baik dan partisipasi masyarakat tinggi dalam menyukseskan Pemilu ini," papar dia.

Pihaknya dari KPU terus mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk datang ke TPS pada Rabu, 17 April 2019 untuk memilih Caleg tingkat kabupaten, provinsi, pusat, DPD dan Presiden dan Wakil Presiden.

"Kembali kita mengajak masyarakat untuk wujudkan Pemilu dengan gembira, berkualitas dan bermartabat," kata dia.

Dalam Nobar yang digelar KPU Kalbar tersebut diikuti ratusan peserta dan di kesempatan itu sejumlah kuis serta hadiah menarik dihadirkan panitia di sela Debat yang ditayangkan secara langsung di berbagai media televisi yang ditunjuk KPU RI.

Baca juga: Lokasi tempat Sandiaga nobar ikut kampanye Hari Bumi
Baca juga: Relawan Jokowi-KH Ma'ruf gelar nobar debat secara sederhana
Baca juga: Peneliti muda Indonesia gelar nobar debat capres
Baca juga: Wartawan "nobar" debat capres di Hotel Shangri-La Jakarta

Pewarta: Dedi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019