Depok (ANTARA) - Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) I Gede Sthitaprajna Virananda dan Fedora Lola mahasiswa Program Vokasi Jurusan Akademi Perkantoran dan Sekretari Universitas Indonesia menyatakan siap bersaing pada pentas mahasiswa berprestasi (Mapras) di tingkat nasional.

"Diharapkan kegiatan Mapres ini dapat mengapresiasi prestasi mahasiswa serta dapat terus memicu para mahasiswa UI untuk melakukan kegiatan positif di lingkungan kampus maupun masyarakat baik itu bidang akademis maupun non akademis yang diikuti dengan sikap dan karakter pribadi yang positif," kata Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti di Depok, Senin.

Harapan lainnya kata Rifelly adalah untuk memicu kecerdasan komprehensif mahasiswa di dalam menyeimbangkan hard skills dan soft skills.

Keduanya sebelumnya telah terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi Utama jenjang Sarjana dan Vokasi Universitas Indonesia (UI) 2019.

Mapres Utama UI jenjang sarjana dan vokasi akan mewakili UI dalam seleksi mahasiswa berprestasi tingkat nasional dan akan bersaing dengan para Mahasiswa Berprestasi Perguruan Tinggi se-Indonesia pada bulan April 2019.

Sedangkan finalis lainnya meraih penghargaan kategori terbaik dengan predikat Karakter Terbaik diraih oleh Laras Thyrza Amandari. Kategori Bahasa Inggris Terbaik diraih oleh I Gede Sthitaprajna Virananda.

Berikutnya kategori CV Terbaik adalah Andrew Prasettya Japri. Pemakalah dan Presentasi Terbaik diraih oleh Rais Salsa Muhammad. Pada kategori Rumpun Ilmu Kesehatan Terbaik diraih oleh Andrew Prasettya Japri.

Sedangkan Rumpun Ilmu Sosial-Humaniora Terbaik diraih oleh I Gede Sthitaprajna Virananda. Dan rumpun Sains dan Teknologi Terbaik diraih oleh Rais Salsa Muhammad.

Para Mapres juga diwajibkan melakukan penelitian sesuai bidang keilmuannya masing-masing dengan topik yang relevan akan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini.

Beberapa judul karya ilmiah di antaranya “Recypers: Sistem Daur Ulang Sampah Popok untuk Pembangunan Berkelanjutan” oleh Rais Salsa Muhammad dari Fakultas Teknik, dan “Rekomendasi Kebijakan Pemerintah Sebagai Usaha Inklusi Pelajar Difabel dalam Pasar Bebas” oleh Christella Fenisianti dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Pemilihan Mapres Utama UI merupakan acara tahunan dimana pada tahun 2019 tema Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat nasional adalah "Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs)".

Selain pemilihan Mapres Utama UI, Malam Apresiasi Prestasi Mahasiswa UI 2019 juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para mahasiswa UI yang berprestasi dalam bidang penalaran (olimpiade sains,sosial karya ilmiah, dan lainnya), Olahraga (bulutangkis, sofbol, berkuda, dan lainnya), Seni (Marching Band, Paduan Suara, Tari Tradisonal dan Modern Dance) dan Budaya.***3***

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019