Menteri PUPR: tol Bawen-Yogyakarta tahap penetapan lokasi

id menteri pupr,tol bawen,yogyakarta

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerima kenang-kenangan dari Rektor Untidar Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc, usai menyampaikan orasi ilmiah pada upacara Dies Natalis ke-5 Untidar, Kamis(4/4). (Heru Suyitno)

Magelang (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyampaikan rencana pembangunan jalan tol Bawen-Yogyakarta yang sudah memasuki tahapan penetapan lokasi.

"Pembangunan tol Bawen-Yogyakarta tinggal penetapan lokasi, lagi kita usulkan ke gubernur untuk penetapan lokasinya," kata Menteri PUPR saat berada di Magelang, Kamis.

Ia menyampaikan hal tersebut usai menyampaikan orasi ilmiah "Pembangunan infrastruktur dalam meningkatkan daya saing di bidang investasi" pada upacara Dies Natalis ke-5 Universitas Tidar (Untidar) Magelang.

"Kalau sudah ada penetapan lokasi maka baru masuk tim appraisal untuk membebaskan lahan yang akan digunakan pembangunan jalan tol", ucap Menteri Basuki seraya menambahkan mudah-mudahan tahun ini sudah ada tender untul tol Bawen-Yogyakarta.

Ia menyampaikan untuk rencana pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo, Sri Sultan Hamengku Buwono X sudah menyetujuinya.

"Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa dimulai," katanya.

Ia menyebutkan yang sudah memasuki tahapan tender saat ini adalah untuk tol Semarang-Demak.

Menyinggung akses pariwisata dari New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo ke Borobudur, dia menuturkan ruas jalan di jalur tersebut akan dilebarkan, tidak ada tol di jalur tersebut.

"Akses jalan Bandara Kulonprogo ke Borobudur bukan jalan tol, tetapi jalan kabupaten sekitar 30 kilometer kita lebarkan dari lima meter menjadi tujuh meter," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar