Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla telah melepas peserta lomba lari Kartini Run 2019 di Kawasan Silang Monumen Nasional, Jakarta.

Kartini Run 2019 pada Minggu (7/4) pagi itu diselenggarakan atas kerja sama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK), Yayasan Kemala Bhayangkari dan Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) dalam rangka menyambut Hari Kartini tanggal 21 April 2019.

Menurut keterangan pers dari PLT Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Sinta Puspitasari, Ibu Negara melakukan "flag off" pada pukul 06.10 WIB untuk peserta lari kategori 10k di garis start yang bertempat di Silang Barat Daya Monas. Selain itu, Iriana juga melakukan flag off untuk kategori difabel.

Sementara itu, flag off untuk peserta kategori 5k dilakukan oleh Mufidah. Untuk kategori jalan santai atau "fun walk", flag off dilakukan oleh Ketua Umum OASE-KK Ibu Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Dalam perhelatan itu juga dilakukan "kids run" atau lomba lari kategori anak-anak. Dalam lomba itu, Ibu Negara melepas para peserta tingkat Sekolah Dasar (SD). Sedangkan Ibu Mufidah melepas peserta tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Rute Kartini Run 2019 yakni start dari Kawasan Silang Barat Daya Monas melintas Jalan Medan Merdeka Selatan, kemudian Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Gajah Mada, putar balik ke Jalan Hayam Wuruk dan menuju garis finis melalui Jalan Silang Barat Laut Monas.

Pada akhir perlombaan, Iriana beserta Mufidah mengalungkan medali untuk juara kategori difabel dan anak-anak.

Usai pengalungan medali, Ibu Negara dan rombongan menuju Lapangan Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan (Kemhan) dengan menggunakan mobil kereta wisata Monas untuk melakukan senam bersama. 
(T.B019/

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019