Medan (ANTARA) - Film layar lebar berjudul "Suara April" yang diproduksi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) akan tayang perdana di Medan, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara, pada 14 April 2019.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara Yulhasni di Medan, Senin (8/4), mengatakan, film tersebut akan diputar XXI Ringroad Citywalks Kota Medan pada 14 April 2019 untuk 250 orang.

Film "Suara April" tersebut, kata dia, merupakan ajang sosialisasi dari KPU yang dikemas dalam bentuk film untuk menyasar kalangan muda termasuk kaum milenial.

Hal itu juga berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) RI Nomor 10 Tahun 2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemilu.

Diharapkan film itu dapat menarik perhatian pemilih muda agar menggunakan hak suaranya di TPS saat pencoblosan dalam menentukan masa depan bangsa lima tahun ke depan.

"Pesan yang ingin disampaikan agar pemilih bisa memilih pemimpin yang terbaik pada 17 April nanti," katanya.

Penayangan film "Suara April" juga dijadikan instrumen untuk menyosialisasikan tata cara pencoblosan, ajakan memilih pada 17 April 2019, jenis-jenis surat suara, pengenalan peserta pemilu, tata cara pindah memilih, dan hal-hal penting yang perlu diketahui masyarakat.

"Film ini juga untuk memberikan pendidikan pemilih pada peserta pemilu. Mengajak pemilih menggunakan hak pilih tanpa vote buying dan pemilu damai," katanya.

Sebelumnya, film "Suara April" telah diluncurkan pada 15 Maret lalu di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain pemutaran film, para aktor dan aktris juga akan jumpa penggemar (meet and greet) dalam bentuk tanya jawab sekaligus ramah tamah.

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019