Pada masa tenang, selama ini, menjadi masa-masa rawan pelanggaran politik uang. Calon anggota legislatif memandang masa tenang sangat tepat untuk melakukan politik uang, katanya
Kulon Progo (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan melakukan patroli pengawasan pada masa tenang 14 April hingga 16 April 2019 karena berpotensi terjadi praktik politik uang yang dilakukan oleh oknum.

Ketua Bawaslu Kulon Progo Ria Harlinawati di Kulon Progo, Selasa, mengatakan, patroli pengawasan ini melibatkan Bawaslu kabupaten, Panwaslu kecamatan, hingga pengawas tempat pemungutan suara (TPS) yang akan bekerja selama 24 jam nostop.

"Kami akan melakukan patroli pengawasan 24 jam nonstop yang melibatkan seluruh komponen pengawas di Kulon Progo," kata Ria.

Ia mengatakan, tujuan patroli pengawasan ini untuk meminimalisir praktik politik uang yang biasanya terjadi pada masa tenang. Hal ini yang akan diminimalisir oleh Bawaslu pada masa tenang selama 24 jam nonstop.

"Pada masa tenang, selama ini, menjadi masa-masa rawan pelanggaran politik uang. Calon anggota legislatif memandang masa tenang sangat tepat untuk melakukan politik uang. Di masa-masa itu, kami akan melakukan patroli pengawasan politik uang," katanya.

Namun demikian, Ria mengatakan, dirinya belum dapat mempublikasikan daerah-daerah yang rawan terjadi politik uang dan potensi kerawanan lainnya. Saat ini, Bawaslu Kulon Progo masih melakukan pemetaan potensi kerawanan, seperti TPS yang dekat rumah caleg, kemudian TPS yang penuh daftar pemilih tambahan (DPTb), dan pondok pesantren.

"Pemetaan TPS rawan tidak bisa langsung dikatakan rawan, tapi potensi kerawanan akan kami bagi dalam beberapa indikator. Setiap TPS memiliki karakter kerawanan yang berbeda," katanya.

Wakapolres Kulon Progo Kompol Dedi Surya Dharma mengatakan, pihaknya selalu siap memberikan pengawalan dalam setiap tahapan pemilu yang diminta KPU dan Bawaslu untuk mewujudkan pemilu yang bersih, damai dan aman.

"Kami selalu siaga 24 jam untuk pengamanan Pemilu 2019. Sejauh ini, kondisi keamanan di Kulon Progo masih kondusif," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019