Jepara (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mulai mendistribusikan kebutuhan logistik Pemilu 2019 untuk Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Jepara sebagai prioritas pertama pendistribusian dibandingkan dengan daerah lainnya, Rabu.

Menurut Anggota KPU Kabupaten Jepara Muhammadun di Jepara, Rabu, pengiriman kebutuhan logistik Pemilu 2019 ke Karimunjawa dilakukan Rabu (9/4) pukul 07.00 WIB dengan Kapal Motor Penumpang Siginjai.

"Perjalanan diperkirakan membutuhkan waktu selama lima jam, sehingga tiba di Karimunjawa sekitar pukul 12.00 WIB," ujarnya.

Jumlah kotak suara yang dikirim berjumlah 173 kotak yang di dalamnya terdapat kebutuhan logistik Pemilu, seperti surat suara serta 128 bilik suara untuk masing-masing TPS lima bilik suara.

Kebutuhan logistik Pemilu di dalam kotak suara, meliputi alat kelengkapan TPS, surat suara, sampul, dan formulir.

Dari 173 kotak suara tersebut, meliputi kotak suara untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjumlah 160 kotak, sedangkan untuk PPK sebanyak 13 kotak.

Adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Karimunjawa sebanyak 6.929 pemilih yang tersebar di 32 TPS di empat desa.

Keempat desa tersebut, yakni di Desa Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, dan Parang dengan jumlah TPS maupun pemilih bervariasi.

"Di Desa Karimunjawa ada warga yang bermukim di Pulau Genting dan disediakan satu TPS dengan jumlah 216 pemilih," ujarnya.

Setelah kebutuhan logistik Pemilu terdistribusi ke PPK Karimunjawa, kata dia, pendistribusian ke PPS dijadwalkan mulai 14-15 April 2019.

Untuk pendistribusian ke Desa Karimunjawa dijadwalkan 15 April 2019 melalui jalur darat, Desa Kemujan tanggal 15 April 2019 melalui jalur darat, sedangkan distribusi ke Desa Parang dan Nyamuk dijadwalkan tanggal 14 April 2019 dengan menggunakan perahu.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019