Menhub: Keselamatan transportasi perairan harus diutamakan

id Menhub,keselamatan transportasi,budi karya sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Palembang (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, keselamatan transportasi perairan perlu diutamakan karena selama ini sering terjadi kecelakaan.

Apalagi wilayah perairan di daerah ini cukup luas sehingga penting diutamakan keselamatan, kata Menhub saat sosialisasi keselamatan pelayaran dan pendukung di Palembang, Rabu.

Bukan itu saja tetapi transportasi sungai di Palembang juga menghubungkan daerah atau kabupaten lainnya sehingga keselamatan harus diutamakan.

Memang keselamatan itu suatu keharusan dari transportasi, lanjut menteri, sehingga dalam keseharian dan tatap muka pihaknya selalu menyampaikan pentingnya keselamatan transportasi tersebut.

Menurut dia, tetapi yang penting lagi setiap pemangku kepentingan harus berkomitmen terlebih dahulu tentang keselamatan transportasi.

Dirinya minta kepada instansi terkait untuk berkomitmen terlebih dahulu tentang keselamatan karena merekalah yang merencanakan yg mengeksekusi serta menjalankan aturan tersebut.

Dia mencontohkan, masalah kapal dari awal direncanakan dan dipikirkan bagaimana transportasi perairan itu yang memenuhi syarat berkeselamatan.

Oleh karena itu dengan adanya deklarasi pihaknya senang sekali karena dari komitmen mereka itulah keselamatan akan tercipta.

Selain itu perlu menggunakan fasilitas keselamatan seperti jaket dan lain sebagainya, ujar menteri.

Memang itu perlu terus disosialisasikan sehingga kecelakaan transportasi perairan dapat dicegah.

Sosialisasi itu juga untuk memperbaiki tata cara, tata kelola mereka dalam menggunakan transportasi, tambah dia.

Pewarta : Ujang Idrus
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar