Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar menyatakan ada lima daerah terjauh dan terisolir di Provinsi Riau menjadi prioritas utama untuk didahulukan dalam pengiriman logistik Pemilu 2019.

“Kita ada daerah kepulauan, ada lima lokasi jauh dari kota,” kata Syamsuar pada acara video konferens Pemprov Riau dengan Kementerian Dalam Negeri terkait koordinasi kesiapan pelaksanaan Pemilu serentak 2019, di Gedung Menara Lancang Kuning, Pekanbaru, Rabu.

Syamsuar menjelaskan lima daerah yang jadi prioritas tersebut antara lain Pulau Guntung Kabupaten Indragiri Hilir, Pulau Topang dan Rangsang di Kabupaten Kepulauan Meranti, Kecamatan Kampar Kiri di Kabupaten Kampar, Pulau Rupat di Kabupaten Bengkalis, dan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir.

“KPU sudah mengatur pendistribusian sesuai lokasi terjauh di daerah pulau lebih dulu. Yang kota atau tidak jauh nanti mendekati hari H (17 April) baru dialokasikan ke PPK dan TPS,” katanya.

Pada kesempatan itu, Syamsuar juga menyampaikan bahwa sejauh ini suana kampanye di Riau berjalan dengan damai dan aman.

“Alhamdulillah tak ada yang ganggu, mudah-mudahan kita bisa sukseskan Pemilu Legislatif dan Pilpres,” katanya.

Syamsuar menambahkan jumlah pemilih di Riau ada sekitar 3,8 juta orang dan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) ada 17.641 di 12 kabupaten/kota.

Untuk pengamanan, lanjutnya, dari Polri ada sekitar 10.200 personel dan TNI 3.895 personel yang akan mengamankan jalannya Pemilu di Riau.

Dalam acara video konferensI itu turut serta Ketua KPU Priovinsi Riau M. Ilham Yasir, Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan, jajaran Forkominda Riau dan kepala dinas terkait.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019