Bukalapak - Bank Sumut kerja sama layanan pembayaran PBB

id Bukalapak, BI,Bank Sumut, Pemkot Binjai, kerja sama lauanan PBB

Eksekutif Bukalapak, Bank Sumut, BI dan pejabat Pemkot Binjai berfoto bersama. (Antara Sumut/Istimewa)

Medan (ANTARA) - Bank Sumut - Bank Indonesia dan Pemerintah Kota Binjai bekerja sama dalam layanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara online melalui aplikasi Bukalapak.

"Nota kerja sama sudah ditandatangani.Akses pembayaran dijadwalkan sudah bisa dimulai awal Mei 2019," ujar Co-Founder dan Presiden Bukalapak, Fajrin Rasyid di Medan, Rabu.

Nota kerja sama dilakukan Fajrin Rasyid, Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut, TM Jeffri, Wali Kota Binjai, HM Idaham, dan Kepala Grup Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Satuan Layanan Administrasi Bank Indonesia, Andiwiana.

Kerja sama strategis itu merupakan bagian dari inovasi Bukalapak untuk mendorong terciptanya e-government bersama pemerintah daerah.

Menurut Fajrin Rasyid, berdasarkan data Bank Sumut, selaku Bank penerimaan kas daerah, dana PBB yang belum dibayar masyarakat setiap tahunnya mencapai ratusan miliar Rupiah.

Adanya kerja sama pembayaran PBB secara online melalui aplikasi Bukalapak diharapkan dapat membantu memaksimalkan pendapatan daerah melalui dana pajak sehingga mendorong optimalisasi pembangunan daerah.

Kepala cabang Bank Sumut di Binjai, Budi Anshari Nasution, menyebutkan, ada beberapa kendala bagi masyarakat Sumut untuk membayar PBB.

Dia memberi contoh, pemilik properti di Sumut banyak yang berdomisili di kota lain sehingga sulit melakukan proses administrasi secara langsung.

Atau akibat kesibukan pekerjaan sehari-hari yang mengakibatkan kealpaan membayar PBB.

"Dengan ada program pembayaran PBB secara online, masyarakat bisa lebih mudah membayar pajak,” ujar Budi.

Wali Kota Binjai, Idaham mengaku senang dengan kerja sama tersebut
karena dapat semakin memaksimalkan potensi daerah melalui pembayaran pajak dan peningkatan produktivitas para UMKM.

"Harapannya, kerja sama dapat terlaksana dengan baik dan dapat dirasakan manfaatnya secara maksimal oleh seluruh masyarakat," katanya.

Apalagi, ujar Idaham, ada juga kerja sama antara Pemkot Binjai dan BI Sumut untuk melatih sekitar 200 UMKM untuk go digital

Ke depannya, UMKM di Binjai juga akan mendapat beragam pelatihan sesuai kebutuhan para pelaku usaha dari Bukalapak.


 


Pewarta : Evalisa Siregar
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar