Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak liburan pada pencoblosan Pemilu 19 April 2019 meski saat itu merupakan hari libur.

"Harapan kami, kita sebagai ASN juga mengimbau semua keluarga, masyarakat agar tidak menggunakan hari libur pada 17 April 2019 untuk pergi liburan, akan tetapi harus berpartisipasi menggunakan hak pilihnya terlebih dahulu," kata Syamsuar usai memimpin apel pagi di halaman Kantor Gubernur di Pekanbaru, Rabu.

Mantan Bupati Siak ini berharap kepada segenap ASN untuk menggunakan hak pilih pada pesta demokrasi nanti karena di dalam demokrasi ini partisipasi pemilih sangat penting.

Baca juga: Gubernur Riau: 5 daerah terjauh prioritas pengiriman logistik Pemilu

Dia juga berpesan kepada ASN untuk tidak menyebarkan berita palsu alias hoaks karena pemilu saat ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Pemilu sekarang banyak isu-isu sensitif yang bisa meruntuhkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Harapan saya adalah kita sebagai ASN harus menjadi contoh bagi masyarakat karena ASN adalah bagian dari pemerintah dalam menyukseskan Pemilu mendatang," ujarnya.

Pemilu serentak tahun ini adalah untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, kemudian memilih anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota dan DPD.

Pemilu presiden diikuti dua pasangan, yakni pasangan nomor urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subiyanto - Sandiaga Salahuddin Uno. Lebih lanjut, Syamsuar meminta kepada ASN untuk selalu meningkatkan kedisiplinan karena semua pegawai mempunyai hak dan kewajiban.

"Kewajiban harus kita laksanakan sebagai ASN dengan meningkatkan kedisiplinan dan kinerja, baru nanti ada hak yang akan kita terima dan itu harus seimbang antara kewajiban dengan kinerja dan karya yang kita berikan," ungkapnya.

Baca juga: Dua Kartunis Pekanbaru pamerkan 102 karya satire Pemilu
Baca juga: Gerindra Riau siapkan 30.000 saksi untuk Pemilu 2019

 

Pewarta: Riski Maruto
Editor: Febrianto Budi Anggoro
Copyright © ANTARA 2019