80 persen alumni Balai Latihan Kerja Makassar terserap industri

id blk makassar,balai latihan kerja,tenaga kerja

Kepala Pelaksana Tugas Balai Latihan Kerja Makassar As'adiya. (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Makassar, Sulawesi Selatan (ANTARA) - Sekitar 80 persen lulusan kursus di Balai Latihan Kerja Makassar langsung diserap oleh industri maupun wirausaha, kata Kepala Pelaksana Tugas Balai Latihan Kerja Makassar As'adiya, Jumat.

Lulusan Balai Latihan Kerja (BLK) Makassar, menurut dia, bukan hanya diserap oleh industri besar di dalam kota namun juga oleh industri yang ada di luar Makassar.

BLK Makassar menyediakan layanan kursus untuk 12 kejuruan yakni teknik otomotif, teknik manufaktur, teknik pengelasan, teknik listrik, elektronika, teknik pendinginan, teknik bangunan, garmen, teknologi informasi dan komunikasi, bisnis dan manajemen, tata kecantikan dan pariwisata.

BLK tidak mensyaratkan pendidikan minimal, dan tidak mengenakan biaya bagi peserta yang belum punya pekerjaan saat mendaftar untuk mengikuti kursus.

"Peserta ada yang lulusan SMK, SMA, SMP, bahkan SD. Tidak ada batasan usia bagi peserta, asalkan yang bersangkutan lagi menganggur karena pelatihan di BLK intensif dari Senin sampai Jumat, dari pagi hingga sore. Tidak boleh bolos," kata As'adiya.

Kursus di BLK Makassar rentang waktunya satu sampai tiga bulan sesuai dengan tingkat kerumitan jurusan. Setelah kursus di BLK selesai, peserta mendapat kesempatan untuk magang selama 30 hari di industri agar bisa mengenal dunia kerja dan menerapkan ilmu yang telah mereka dapat selama kursus.

"Kami bermitra dengan Toyota, Mitsubishi, Daihatsu, Honda dan beberapa industri lainnya terkait program pemagangan," katanya.

Usai masa kursus dan magang, peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan dan sertifikat kompetensi yang berlaku tiga tahun.

As'adiya menambahkan BLK secara aktif memfasilitasi perekrutan karyawan bila industri membutuhkan karyawan dalam jumlah banyak.

"Kalau ada penerimaan besar-besaran di industri, kami fasilitasi. Kami laksanakan rekrutmen karyawan, dengan catatan alumni BLK diikutsertakan untuk kandidat calon karyawan," katanya.

Tak hanya kursus bagi para pencari kerja, BLK Makassar juga membuka kursus kejuruan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan, namun tidak gratis.

Baca juga:
Kemnaker bangun 1.000 BLK Komunitas genjot kapasitas SDM
DPR ingin metode Balai Latihan Kerja selaras Industri 4.0

 

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar