Semua sudah oke, panelis oke, moderator oke
Jakarta (ANTARA) - Ketua KPU RI Arief Budiman menyatakan persiapan penyelenggaraan debat kelima Pilpres 2019 sudah selesai dilaksanakan, seiring pelaksanaan gladi bersih penyelenggaraan debat kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu petang.

"Semua sudah oke, panelis oke, moderator oke," kata Arief di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan KPU ingin memastikan debat terakhir Pilpres 2019 berjalan aman dan lancar sehingga pesan yang disampaikan kedua kandidat capres-cawapres dapat diterima publik dengan baik.

Berdasarkan pantauan saat ini lokasi debat kelima Pilpres 2019, tengah disterilisasi oleh tim pengamanan Presiden, guna memastikan keamanan pelaksanaan debat.

Adapun setelah memastikan persiapan pelaksanaan debat selesai dilakukan, Arief mengatakan pihaknya akan segera melakukan rapat hasil pengecekan kasus pencoblosan surat suara di Malaysia.

Saat ini Komisioner KPU RI Ilham Saputra beserta tim sudah kembali dari Malaysia untuk melaporkan temuan atas kasus tersebut.

Arief menegaskan KPU merespon kasus pencoblosan surat suara di Malaysia sebagai sebuah persoalan serius.

"Kita menindaklanjuti dengan cepat. Jadi mohon ini bisa disampaikan sehingga publik tidak salah menafsirkan," ujar Arief.

Debat kelima Pilpres 2019 diselenggarakan 13 April 2019, di Hotel Sultan Jakarta dan akan disiarkan secara langsung oleh sejumlah stasiun televisi swasta yakni TVOne, ANTV, Beritasatu TV, NET TV.

Debat terakhir dengan tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri akan mempertemukan kedua pasangan capres-cawapres.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon, nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019