Jakarta (ANTARA) - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Manila mempersiapkan pelaksanaan pemungutan suara bagi para warga negara Indonesia (WNI) di Filipina pada 14 April 2019, seperti disampaikan dalam keterangan dari Kedutaan Besar RI Manila yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Pada Sabtu, 13 April 2019, pukul 10.00-11.30 waktu setempat, telah berlangsung Rapat Tim Pengamanan yang dipimpin Duta Besar RI untuk Filipina Sinyo Harry Sarundajang, serta dihadiri oleh Wakil Duta Besar RI Budi Dhewajani dan staf KBRI Manila.

Kegiatan rapat itu dilanjutkan dengan pengecekan dan simulasi pemungutan suara Pemilu 2019 di PPLN Manila.

Dubes Sinyo berharap pelaksanaan pemungutan suara di tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) Manila pada Minggu, 14 April 2019, pukul 08.00-18.00, dapat berlangsung dengan lancar dan aman. Dia pun menyampaikan arahan untuk peningkatan antisipasi pengamanan pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara di PPLN Manila.

PPLN Manila melaporkan total calon pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Filipina per 16 Desember 2018 adalah 1.683 orang.

Selanjutnya, terdapat dua TPSLN di KBRI Manila, dan di TPS001 terdaftar sebanyak 655 calon pemilih dan di TPS002 sebanyak 654 calon pemilih. Selain itu, pelaksanaan Kotak Suara Keliling (KSK) telah berlangsung dengan aman dan lancar, dengan rincian KSK001 diikuti 68 pemilih dan KSK002 diikuti 62 pemilih.

Untuk pencoblosan dengan metode pos, surat suara sudah dikirim kepada 244 calon pemilih sejak minggu ke-3 Maret 2019, dan saat ini sedang menunggu pengiriman balik surat suara via pos.

Berdasarkan penilaian Tim Pengamanan KBRI Manila yang terdiri atas atase pertahanan, atase militer, atase kepolisian, dan pejabat dilomatik dan konsuler (sekkabsus), hingga kini belum ditemukan potensi ancaman dan gangguan untuk pelaksanaan Pemilu di PPLN Manila pada Minggu, 14 April 2019.

Koordinasi dengan pihak keamanan Filipina juga sudah dilakukan, termasuk penggunaan akses parkir di sepanjang jalan di depan KBRI Manila. Selain itu, pemasangan CCTV di ruang logistik dan surat suara Pemilu juga sudah dilakukan sejak Kamis (11/4).

Baca juga: Diaspora Indonesia di Kuwait sempatkan cuti untuk pemilu

Baca juga: 94 WNI mencoblos surat suara di Tanzania

Baca juga: Pemilu di Hongaria dimeriahkan dengan baju tradisional Indonesia

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Azizah Fitriyanti
Copyright © ANTARA 2019