Sandiaga: Posisikan Indonesia sebagai negara produsen produk halal

id sandiaga uno,ekonomi syariah,debat capres kelima,debat capres,debat capres-cawapres,debat cawapres,debat pilpres,produk halal

Pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno ingin menciptakan ekosistem ekonomi syariah dengan memaksimalkan potensi Indonesia untuk memproduksi produk-produk halal di dalam negeri.

"Dalam urutan negara sebagai pengimpor produk halal, kita nomor empat terbesar. Kita harusnya memposisikan diri sebagai negara yang memproduksi barang-barang halal," kata Cawapres Sandiaga Uno dalam Debat Kelima Pemilu Presiden yang digelar di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu.

Menurut Sandiaga, terdapat produk-produk halal Indonesia yang berpotensi untuk diekspor ke sejumlah negara, salah satunya yakni produk herbal Indonesia yang turut mengikuti ajang internasional.

Untuk itu, Sandiaga menegaskan dengan memperkuat produksi maka produk halal Indonesia bisa merajai pasar domestik maupun ekspor.

"Kami meyakini ekosistem itu kita sandingkan dengan kewirausahaan dan pembiayaan, akan mampu menciptakan bahwa industri halal itu bukan hanya sertifikasi, atau labelisasi atau standar, tapi lebih besar daripada itu. Kita harus mampu menciptakan produk-produk dan membuka lapangan kerja seluasnya untuk anak bangsa," papar Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga menambahkan industri pariwisata halal Indonesia juga memiliki potensi sebesar Rp3.300 triliun yang harus diambil sebagai peluang.

"Potensi 1 triliun dolar AS di 2030 merupakan peluang yang harus kita ambil dan kita tidak boleh hanya jadi pasar. Kita harus bisa mensuplai kebutuhan ekonomi syariah," pungkas Sandiaga.

Debat kelima Pemilu Presiden 2019 merupakan debat pamungkas sekaligus akan menutup seluruh rangkaian debat yang telah dimulai sejak Januari 2019.

Debat yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta ini menghadirkan kedua pasangan capres dan cawapres baik nomor urut 01 maupun 02.

Berbagai tema yang diangkat dalam debat terakhir ini adalah ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, dan industri.

Sebagaimana diketahui, Pemilu Presiden 2019 yang akan diselenggarakan pada 17 April diikuti dua pasangan capres dan cawapres  yakni pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.
 

Pewarta : Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar