Jakarta (ANTARA) - Kegiatan pemungutan suara dalam Pemilu RI 2019 di Houston dimeriahkan dengan acara dangdutan yang diadakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Houston, seperti disampaikan dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Tidak hanya di Indonesia, suasana pesta demokrasi pemilu 2019 juga terasa di Houston, Texas, Amerika Serikat. Pada Sabtu 13 April 2019, ribuan warga Indonesia datang dan menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) di Gedung Kantor Konsulat Jenderal RI di Houston.

Untuk masyarakat Indonesia di Houston, Pemilu tahun 2019 ini sedikit berbeda dengan pemilu sebelumnya.

Untuk memeriahkan suasana pemilu dan mengobati kerinduan pada Tanah Air KJRI Houston juga membuka panggung hiburan dengan berbagai penampilan tari dan karaoke dangdut oleh para pengujung.

Pemilu tahun ini benar-benar menjadi ajang pesta rakyat karena selain menyediakan tempat pemungutan suara, KJRI Houston juga menggelar bazaar Indonesia Spring Market 2019 yang diisi oleh lebih dari 40 stan.

Berbagai suvenir, pakaian, dan jajanan khas Indonesia ditawarkan di bazaar yang dihadiri oleh pengunjung baik masyarakat Indonesia maupun masyarakat lokal Amerika Serikat.

"Dangdut dan spring market ini kita adakan karena pemilu bukan hanya pesta demokrasi melainkan juga pesta rakyat, dengan nuansa persatuan dan kesatuan. Kami berharap agar tahun ini jumlah pemilih lebih banyak dari pemilu sebelumnya," ujar Konsul Jenderal (Konjen) RI di Houston Nana Yuliana.

Jumlah WNI yang datang ke TPS di Houston meningkat dari pemilu sebelumnya. Pada 2009, WNI yang mencoblos langsung ke TPS sebanyak 214 orang. Jumlah itu meningkat menjadi 747 orang pada 2014. Pada tahun ini, jumlah WNI yang memilih dengan mencoblos langsung di TPS hingga berita ini diturunkan sebanyak 825 orang.

Tidak hanya dari Houston, para pemilih juga datang dari Austin, San Antonio, Dallas, dan kota-kota lain di Texas yang berjarak sekitar 3-5 jam dari KJRI Houston.

KJRI Houston memiliki wilayah kerja di 12 negara bagian Amerika Serikat, dari New Mexico hingga Florida, juga US Virgin Islands dan Puerto Rico. Dalam catatan KJRI, terdapat setidaknya 20.748 WNI di wilayah kerja KJRI, dan 6.067 orang diantaranya memiliki hak pilih.

Pencoblosan di perwakilan RI di Amerika Utara diselenggarakan serentak pada 13 April 2019, lebih dulu dari pencoblosan di Indonesia yang baru dilaksanakan pada 17 April nanti.

Di Houston sendiri terdapat setidaknya 19 organisasi kemasyarakatan Indonesia dengan berbagai latar belakang agama, suku, maupun profesi. Kemeriahan pelaksanaan pemilu ini menyatukan masyarakat Indonesia di Houston yang jauh dari Tanah Air.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2019