London (ANTARA) - Seluruh petugas PPLN dan KPPSLN yang ada di Budapest mengenakan pakaian Nasional untuk menyelami makna Bhinneka Tunggal Ika, pada acara pelaksanaan Pemilu yang berjalan dengan lancar, tertib dan damai diadakan pada tanggal 13 April dari pukul 08.00 - 18.00 sore walaupun berbeda tetap satu.

Pensosbud KBRI Budapest dalam keterangan yang diterima Antara London, Minggu menyebutkan para pemilih juga dihibur Paduan Suara Libels (SMA Lima Belas Surabaya) yang kebetulan sedang berkompetisi di Budapest.

Warga Negara Indonesia (WNI) di Budapest melaksanakan Pemilu yang sangat ditunggu-tunggu oleh WNI di Hongaria, dari catatan terakhir di PPLN Budapest dari jumlah Surat Suara DPT + 2% sebanyak 181 SS, tercatat sebanyak 178 terpakai yang berarti 178 pemilih hadir di TPS untuk memilih.

Sementara dari Metode Pos, dari 155 Surat Suara yang dikirim hingga hari ini (14/4) sebanyak 136 sudah kembali ke PPLN Budapest.

Ketua PPLN Budapest, M. Faisal Fadhil bersama salah satu Anggotanya, Ratih Dewi menyampaikan bahwa salah satu indikator dari suksesnya Pemilu adalah tingginya tingkat partisipasi pemilih atau voters turn out, target partisipasi pemilih yg ditetapkan oleh KPU sebesar 77,5% dan dapat dilihat bahwa di Hongaria partisipasi masyarakat pada pesta demokrasi kita sangat tinggi bahkan mendekati 95%

Dubes RI untuk Hongaria yang pada 8 April lalu menyerahkan Credentialnya, Dimas Wahab beserta keluarga ikut memilih di TPS 001 sekitar pukul 10 pagi waktu Budapest, sementara masyarakat sudah mulai memilih sejak pukul delapan pagi.

Banyak kegiatan unik di TPS 001 Budapest, seluruh petugas PPLN dan KPPSLN mengenakan pakaian Nasional untuk menyelami makna Bhinneka Tunggal Ika, walaupun berbeda tetap satu. Para pemilih juga dihibur Paduan Suara Libels (SMA Lima Belas Surabaya) yang sedang berkompetisi di Budapest. 

 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019