Hari ini kita menggelar rapat koordinasi secara menyeluruh baik tingkat pusat maupun tingkat daerah. Kita bersyukur pada akhirnya kita sampai kepada penghujung hari H saat jutaan rakyat Indonesia serentak akan memberikan suaranya atau hak pilihnya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menggelar rapat koordinasi kesiapan akhir pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan suara Pemilu serentak 2019.

Rapat yang digelar di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin, dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, Kepala BIN Budi Gunawan, tiga kepala staf angkatan, Mendagri, dan Menkominfo Rudiantara serta perwakilan lembaga dan kementerian terkait.

Rapat itu mengundang aparat keamanan, penyelangara pemilu di seluruh daerah melalui "Video Conference".

Dalam pembukaan rapat, Wiranto mengatakan rapat digelar dalam rangka melakukan kesiapan akhir dalam pengamanan Pemilu serentak 2019 pada 17 April 2019, mulai dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga proses penghitungan suara.

"Hari ini kita menggelar rapat koordinasi secara menyeluruh baik tingkat pusat maupun tingkat daerah. Kita bersyukur pada akhirnya kita sampai kepada penghujung hari H saat jutaan rakyat Indonesia serentak akan memberikan suaranya atau hak pilihnya," kata Wiranto.

Ia juga bersyukur bahwa tahapan Pemilu sebelumnya telah dilaksanakan dengan baik, yakni kampanye terbuka yang digelar dengan aman dan lancar.

"Oleh karena itu pertama-tama saya akan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang mempunyai satu tugas sebagai pemangku kepentingan baik kepada KPU, Bawaslu, TNI dan Polri serta komponen masyarakat lainnya yang telah membantu mengamankan proses tahapan pemilu," kata mantan Panglima ABRI ini.

Semua elemen masyarakat, baik pimpinan parpol, para kontestan dan para relawan yang menghadirkan satu kondisi yang tetap mengedepankan persatuan bangsa.

"Kami menyadari bahwa di sana-sini memang masih ada permasalahan di lapangan, baik yang menyangkut masalah teknis penyelenggaraannya, masalah yang menyangkut fasilitas yang akan diberikan, rltapi alhamdulillah bahwa semua itu akhirnya dapat secara bertahap diatasi dengan baik ya. Memang tidak sempurna karena kesempurnaan milik Allah Subhanahu Wa Ta'ala," kata Wiranto.

Baca juga: Wiranto: ahli hukum akan bahas legal atau tidaknya golput
Baca juga: Menko Polhukam berdialog dengan pimred media bahas pemilu damai

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019