Temanggung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, telah menyelesaikan pengiriman logistik Pemilu 2019 ke tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK), kata Ketua KPU Kabupaten Temanggung M. Yusuf Hasyim.

Yusuf di Temanggung, Senin, mengatakan logistik pemilu sudah didistribusikan ke semua kecamatan, kecuali Kecamatan Temanggung karena nanti dari gudang KPU Temanggung langsung didistribusikan ke panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan.

Ia menuturkan persiapan dari PPK dan PPS melakukan pengesetan di KPU Temanggung 24 jam pada 10-13 April 2019.

Ia menyampaikan sebelumnya memang terdapat kekurangan sekitar 23.000 surat suara untuk pemilihan capres dan cawapres, DPD, DPR RI, DPR provinsi, dan DPR kabupaten.

"Kekurangan tersebut sudah bisa kami atasi dengan cara jemput bola. Kami koordinasi dengan KPU provinsi untuk melakukan jemput bola mengambil di percetakan KPU RI. Kami berangkat Jumat (12/4) dan Sabtu (12/4) sudah sampai Temanggung dan sekarang surat suara tersebut sudah selesai dilipat," katanya.

Ia mengatakan kekurangan surat suara sudah tercukupi, kemudian besuk dilakukan pemusnahan.

"Pemusnahan di sini sesuai surat edaran ditempatkan di dalam sampul dan ditempatkan dalam ruang yang sudah disediakan. Jadi tidak ada pembakaran dan sebagainya, kegiatan ini dilakukan setelah kita laporkan ke KPU RI data terkait kelengkapan surat suara," katanya.

Menyinggung keputusan MK nomor 20 tahun 2019 terkait dengan perpanjangan DPTB atau pindah memilih A5 diperpanjang sampai H-7, dia mengatakan pindah memilih hanya untuk empat kategori, yaitu orang sakit di rumah sakit, bencana alam, lapas, dan orang yang bertugas saat pemungutan suara yang dibuktikan dengan surat tugas.

"Banyak masyarakat yang datang untuk pindah memilih tetapi tidak mengetahui regulasi itu jadi hanya secara umum dan tetap tidak dilayani, tetapi ketika bisa menyampaikan surat tugas tetap kita layani," katanya.

Ia menyebutkan untuk Kabupaten Temanggung sekitar 500-an untuk pindah memilih baik yang ke luar maupun masuk Temanggung. 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019