Bandarlampung (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto mengatakan bahwa satu hari (H-1) menjelang hari pencoblosan Pemilu 20i9 kondisi daerah Lampung terpantau kondusif dan aman.

"Situasi di Lampung sangat kondusif saat ini dan titik-titik kerawanan telah dipetakan oleh pihak kepolisian," kata dia, di Bandarlampung, Selasa.

Polda Lampung, lanjutnya, telah menetapkan pola keamanan untuk daerah aman, rawan dan sangat rawan.

Ia menjelaskan, untuk daerah kurang rawan atau aman pola pengamanan dua polisi untuk delapan TPS dibantu 16 Linmas hingga dua personel polisi untuk 20 TPS dan dibantu 40 Linmas.

Menurut Kapolda, ada sekitar 25.881 TPS di Lampung yang masuk kategori aman, 310 TPS kategori rawan, dan untuk TPS sangat rawan berjumlah 108 TPS. Sedangkan TPS khusus ada 30.

Kapolda menambahkan, kepolisian telah menetapkan pola-pola pengamanan pada TPS rawan dan sangat rawan dengan menyesuaikan spektrum ancaman yang ada

Purwadi Arianto mengatakan, beberapa permasalahan yang ada di Lampung seperti kondisi geografis dan cuaca, angka kriminalitas, konflik sosial maupun terorisme menjadi acuan untuk menentukan kerawanan daerah dan juga utuk menentukan jumlah dan kualitas anggota.

Terkait jumlah personil kepolisian yang diterjunkan pada pemiliu,kali ini, ia mengatakan berjumlah 8.657 orang, didukung personel TNI berjumlah 1.830 orang, dan telah ditempatkan di daerah-daerah yang ditetapkan sesuai kebutuhan.

Kapolda Lampung itu menambahkan peran masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan situasi yang kondusif, dan tanpa partisipasi masyarakat, Polri dan TNI tidak akan bisa maksimal mewujudkan pemilu yang sejuk aman dan damai.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019