Penghitungan suara pilpres di PPLN Tawau sedang berlangsung

id PPLN Tawau, KRI Tawau, penghitungan suara pilpres, Dewan Sri Tawau, Jalan Sin Onn Tawau

Penghitungan suara pilpres di PPLN Tawau sedang berlangsung

Suasana Pemilu 2019 pada salah satu KSK di wilayah kerja PPLN Tawau Negeri Sabah. (istimewa)

Tawau (ANTARA) - Proses penghitungan perolehan suara pemilihan presiden-wakil presiden pemilu 2019 pada Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) wilayah kerja Konsulat Indonesia di Tawau, Negera Bagian Sabah, Malaysia, sedang berlangsung.

Kepala Perwakilan Indonesia di Tawau, Sulistidjo Djati Ismoyo, di Tawau, Rabu, menjelaskan, setelah proses pemungutan suara di 43 TPS dan 201 kota suara keliling (KSK) di wilayah kerjanya maka penghitungan dimulai pada 17 April 2019 sejak pukul 13.30 wita.

Penghitungan perolehan suara ini digelar bersamaan dengan serentak seluruh Indonesia dan PPLN di luar negeri. Khusus penghitungan suara perolehan suara di PPLN Tawau dibagi dalam tiga sesi.

Sesi pertama sebanyak 71 KSK dimana proses penghitungannya masih berlangsung hingga pukul 18.10 wita. Dilanjutkan sesi kedua untuk 71 KSK lagi setelah sesi pertama rampung.

Djati menyatakan, penghitungan terkesan lambat karena rumitnya penghitungan pada C1 plano pemilihan anggota legislatif dimana harus diteliti betuk agar tidak terjadi kesalahan yang dilakukan oleh petuga kelompok penyelenggara pemungutan suara luar negeri (KPPSLN) yang bertugas di KSK.

"Proses penghitungan peroleh suara untuk pilpres tidak ada masalah karena hanya dua pasangan calon dibandingkan pileg yang jumlah calonnya dan partainya yang banyak," ungkap dia.

Ia mengharapkan, penghitungan dapat dirampungkan hingga pukul 24.00 wita malam ini sebagaimana jadwal yang telah diagendakan oleh petugas PPLN Tawau.

Kepala Perwakilan Indonesia di Tawau ini juga mengajak panitia pengawas pemilu (panwaslu) dan saksi-saksi partai politik agar mengawasi langsung proses penghitungan peroleh suara ini sejak awal.

Yakni mengoreksi dari awal agar pada saat perekapan perolehan suara tidak terjadi kesalahan atau perdebatan. "Saya harapkan panwaslu dan saksi-saksi parpol supaya mengawasi sejak awal bagi semua KSK supaya pada akhirnya nanti tidak ada penulisan atau penghitungan yang salah," harap Djati.

Ia menyebutkan, hanya tiga partai politik yang menghadirkan saksi pada proses penghitungan suara pilpres dan pileg di PPLN tawau yakni Partai Golkar, Partai Demokrat, dan PSI.

Penghitungan perolehan suara pilpres dan pileg 2019 ini dilangsung di Dewan Seri Tawau Jalan Sin Onn.

Pewarta : Rusman
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar