Jakarta (ANTARA) - Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin berhasil meraih 71,88 persen suara dalam Pemilu 2019 RI di Panama, berdasarkan keterangan dari Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Panama City yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sesuai dengan hasil penghitungan PPLN Panama City, pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul dengan total perolehan suara sebanyak 69 suara, sementara pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 25 suara atau 26,04 persen dari total suara.

Selain itu, sebanyak dua surat suara atau 2,08 persen suara dari keseluruhan suara dinyatakan tidak sah.

Sesuai dengan ketentuan KPU, PPLN Panama City mengadakan penghitungan suara Pemilu 2019 di gedung KBRI Panama City pada Rabu, 17 April 2019. Penghitungan suara berlangsung mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 12.00 siang waktu setempat.

Pemilihan umum serentak yang dilaksanakan oleh PPLN Panama City di Panama dilakukan dengan tiga metode, yaitu pos, kotak suara keliling (KSK), dan tempat pemungutan suara (TPS).

Total pemilih yang menggunakan hak suaranya di negara akreditasi KBRI Panama City (Panama, Honduras, Kosta Rika dan Nikaragua) sejumlah 96 orang dengan rincian TPS Panama City 39 surat suara, KSK 48 surat suara dan Pos 9 surat suara.

Dari 13 surat suara yang dikirim melalui pos, terdapat 2 surat suara yang retur (alamat tidak dapat ditemukan) dan dua surat suara tidak kembali dari calon pemilih.

Penghitungan suara Pemilu 2019 RI di Panama disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Panama, staf KBRI Panama City serta WNI yang berdomisili di kota tersebut. Acara penghitungan suara berjalan dengan tertib dan lancar tanpa hambatan.

 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Azizah Fitriyanti
Copyright © ANTARA 2019