Sejumlah 363 WNI datang ke gedung KBRI Wina menggunakan hak pilihnya. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan Luar Negeri (DPTbLN) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).
London (ANTARA) - Berdasarkan hasil perhitungan, Pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin, unggul dengan total perolehan suara sebanyak 528 (79,5%) dari total 664  surat suara. Sementara pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya memperoleh 128 (19,3%) suara. Terdapat delapan surat suara (1,2%) yang tidak sah.

Khusus surat suara via pos, dari total 374 surat suara yang dikirimkan KPPSLN Pos, sejumlah 301 surat suara atau sekitar 80% yang kembali melalui PO Box yang disewa PPLN Wina. Dari jumlah tersebut, terdapat empat surat suara yang tidak sah dan 73 surat suara tidak kembali, demikian keterangan pers KBRI Wina yang diterima Antara London, Kamis.

Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di kota Wina, Austria dan sekitarnya menggunakan hak suaranya pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota DPR yang dilaksanakan Sabtu (13/4/2019).

Sejumlah 363 WNI datang ke gedung KBRI Wina menggunakan hak pilihnya. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan Luar Negeri (DPTbLN) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK). Untuk mengakomodir WNI berdomisili jauh dari lokasi KBRI Wina, sejumlah 374 surat suara dikirimkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) melalui pos sejak 15 Maret lalu.

Baca juga: Jokowi-Ma'ruf raih 85 persen suara di Prancis
Baca juga: Jokowi-Ma'ruf menang di Dubai, Prabowo-Sandiaga unggul di Abu Dhabi
Baca juga: Jokowi-Ma'ruf unggul di Amerika Serikat, relawan sambut gembira


KPPSLN bersama dengan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah melaksanakan penghitungan surat suara untuk pemilih di wilayah Austria dan Slovenia, pada Rabu (17/4/2019).

Proses penghitungan dimulai pada pukul 10.00 pagi waktu setempat, didahului dengan penghitungan surat suara dari tempat pemungutan suara (TPS) dan dilanjutkan dengan penghitungan surat sara dari pemilih yang menggunakan jalur pos

Duta Besar RI untuk Austria dan Slovenia, Dr. Darmansjah Djumala, menghadiri dan memantau selama proses penghitungan surat suara dilakukan. Pada kesempatan tersebut, Dubes menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPPSLN dan PPLN atas kerja keras mereka selama proses pesta demokrasi berlangsung, serta tetap memegang teguh prinsip jujur, adil dan transparan.

Selain PPLN, KPPSLN dan saksi, turut hadir sejumlah masyarakat Indonesia yang ingin menyaksikan proses penghitungan surat suara. Suasana penghitungan suara berlangsung tertib namun tetap meriah, diiringi dengan sorak sorai para pendukung paslon. Penghitungan surat suara juga disiarkan secara langsung melalui akun resmi Facebook PPLN Wina.  

Baca juga: Jokowi-Ma'ruf unggul di Swedia dan Latvia
Baca juga: Perolehan suara Jokowi-Ma'ruf unggul di Irak


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Apep Suhendar
Copyright © ANTARA 2019