Kita berharap juga Pak Prabowo mau bersikap negarawan untuk menerima kekalahan dengan legawa dan elegan, atau paling tidak bersikap menunggu
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Abdul Kadir Karding meminta kepada calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto untuk bersikap negarawan dalam menyikapi hasil hitung cepat pemilihan presiden dan wakil presiden yang dilakukan sejumlah lembaga survei yang dirilis usai Pemilu 2019.

"Kita berharap juga Pak Prabowo mau bersikap negarawan untuk menerima kekalahan dengan legawa dan elegan, atau paling tidak bersikap menunggu," kata Karding di Jakarta, Sabtu.

Menurut Karding, Prabowo seyogyanya bersikap lebih bersabar dengan menunggu hasil penghitungan suara resmi yang akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) paling lambat 22 Mei 2019.

Sikap menahan diri yang dilakukan Prabowo, katanya, dapat meredam potensi gejolak yang terjadi di tengah masyarakat.

"Menurut saya yang penting itu, yang paling bijak di lakukan (Prabowo) menunggu saja sehingga rakyat tidak terprovokasi dan tidak bingung," ujar dia.

Lebih lanjut Karding mengatakan saat ini calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo tengah berupaya untuk melakukan pertemuan dengan Prabowo.

Apabila pertemuan tersebut terjadi, dia berharap suhu politik yang menghangat belakangan ini pascapemilu dapat segera turun.

"Kita lihat niat pak Jokowi merangkul membangun komunikasi, mencairkan suasana yang agak hangat, itu yang saya kira luar biasa yang harus kita hargai dan apresiasi," ucapnya.

Pewarta: Virna P Setyorini/Fathur Rochman
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019