SBLF: tiga kandidat di Sumbar sudah mengunci kursi DPD RI

id did ri asal sumbar, pemilu 2019

Direktur SBLF Riset Edo Andrefson (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Hasil pendataan sementara pemilu 2019 yang dilakukan lembaga survei Sumatera Barat Leaderhip Forum (SBLF) Riset memperkirakan tiga kandidat sudah mengunci kursi DPD RI di Sumbar karena peluang terpilihnya cukup tinggi.

"Dari empat kursi DPD RI yang diperebutkan tiga nama potensial terpilih karena memperoleh suara terbanyak yaitu Emma Yohanna, Muslim Yatim dan Leonardy Harmainy," kata Direktur SBLF Riset Edo Andrefson di Padang, Minggu.

Menurut dia berdasarkan hitungan sementara peraih suara terbanyak untuk calon anggota DPD RI di Sumbar adalah Emma Yohanna dengan 21,99 persen, Muslim Yatim 15,98 persen dan Leonardy Harmainy 7,62 persen.

Sementara untuk kursi terakhir terjadi persaingan ketat antara Alirman Sori dengan 5,57 persen, Mulyadi 5,45 persen, Desra Ediwan Anantanur 4,54 persen dan Yulherman 4,04 persen.

Ia menyampaikan untuk Emma Yohanna unggul di Pasaman dan Pasaman Barat, akan tetapi jaraknya tidak terlalu jauh dibanding calon yang lain.
Sementara Muslim Yatim unggul di Padang, Padang Panjang, Pasaman dan Bukittinggi.

Kemudian Leonardy Harmainy banyak mendapat suara di Pariaman, Padang Pariaman, Agam dan Bukittinggi.

Emma Yohanna merupakan calon anggota DPD RI petahana karena sebelumnya sudah menjabat anggota DPD RI periode 2009-2014 dan 2014-2019.

Sementara Muslim Yatim sebelumnya merupakan anggota DPRD Sumbar tiga periode dari PKS yang memutuskan pada pemilu kali ini bertarung memperebutkan kursi di Senayan.

Sedangkan Leonardy Harmainy juga merupakan anggota DPD RI periode 2014-2019 dilantik menggantikan Irman Gusman yang tersangkut kasus hukum pada 24 Mei 2017.

Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar