KPU: Pemungutan suara susulan di Nias Selatan berjalan lancar

id berita nias selatan, kpu sumut, pemilu susulan,berita sumut,berita sumut terkini,pemilu 2019

Masayarakat antusias menyalurkan hak politiknya dengan datang ke TPS pada pemungutan suara susulan yang digelar di lima kecamatan di kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara (Antara Sumut/Juraidi)

Nias Selatan (ANTARA) - Pemungutan suara susulan Pemilu 2019 di Nias Selatan, Sumatera utara, yang digelar hari ini di lima kecamatan berjalan dengan lancar dan antusiasme masyarakat menyalurkan hak politiknya dengan datang ke TPS dinilai cukup tinggi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara, Yulhasni yang dihubungi dari Medan, Selasa, mengatakan, proses pemungutan suara susulan di lima kecamatan di Nias Selatan pada umumnya berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan.

Masyarakat pemilih hak suara juga cukup antusias datang ke TPS yang tersedia, demikian juga petugas pemilu juga bekerja dengan cukup sigap melayani setiap warga yang datang untuk mencoblos.

"Masyarakat cukup antusias ke TPS. Meski hari kerja dan ada yang pekan, semangat mereka datang ke TPS cukup tinggi untuk menyalurkan hak suaranya," katanya.

Sebelumnya pencoblosan pada 143 TPS yang tersebar di lima kecamatan Kabupaten Nias Selatan yakni Kecamatan Toma, Mazino, Somambawa, Siduaori, dan Lolowan harus tertunda karena logistik pemilu datang terlambat.

KPU Sumut langsung bergerak cepat dengan datang langsung ke Nias Selatan dan berkoordinasi dengan KPU setempat untuk melakukan langkah-langkah persiapan pemungutan suara susulan.

"Jadi dalam beberapa hari sebelumnya persiapan terus dimatangkan, termasuk C6 kalau kurang segera dicetak ulang," katanya.

Sebelum pencoblosan ulang, pihaknya bersama KPU Nias Selatan mencermati beberapa hal terkait logistik yang masih tersedia di gudang secara mendetail.

Seperti kondisi kotak suara, bilik, tinta, plastik, sampul, formulir, paku dan lainnya agar diperiksa satu persatu kembali apakah jumlah dan keadaannya masih utuh, dan apakah mencukupi jumlah yang akan dibutuhkan untuk menyelenggarakan pemilu di lima kecamatan tersebut.

Pewarta : Juraidi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar