Dua PPK di Jember belum selesai rekap karena keberatan saksi

id keberatan saksi dan pengawas,rekap suara ppk jember,bawaslu jember,pemilu 2019

Rekapitulasi penghitungan suara di PPK Kaliwates, Kabupaten Jember (Zumrotun Solichah)

Jember (ANTARA) - Dua panitia pemilihan kecamatan (PPK) di wilayah kota Kabupaten Jember, Jawa Timur yakni PPK Kaliwates dan PPK Patrang masih belum selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan karena banyaknya keberatan saksi dan pengawas terkait dengan selisih data hasil perolehan suara di beberapa tempat pemungutan suara (TPS).

"Hingga hari ini sudah 29 PPK yang selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara, namun masih ada dua PPK yang belum tuntas karena banyaknya keberatan dari saksi maupun pengawas," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jember Imam Thobrony Pusaka di Jember, Kamis.

Dengan keberatan saksi dan pengawas, lanjut dia, PPK harus membuka kotak suara untuk membuka form C1 plano yang merupakan formulir untuk merekap suara di tingkat TPS dan dicocokkan dengan form C1 hologram dan form C1 salinan yang dipegang oleh saksi.

"Kadang yang membuat lama adalah perdebatan panjang antara PPK, Panwas kecamatan dan saksi yang memiliki argumen masing-masing, namun Bawaslu Jember menyarankan segera membuka kotak suara untuk mencocokkan dengan form C1 plano," katanya.

Apabila masih ada selisih perolehan suara, lanjut dia, Panwas kecamatan bisa memberikan rekomendasi untuk melakukan penghitungan ulang di TPS tertentu, sehingga tidak ada lagi protes dari saksi terkait perolehan suara.

"Bawaslu Jember juga mencatat beberapa PPK terpaksa melakukan penghitungan ulang di beberapa TPS tertentu di antaranya PPK Puger, PPK Sukorambi, dan PPK Arjasa," ucap mantan aktivis mahasiswa Unej itu.

Sementara Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi mengatakan rekapitulasi penghitungan suara di 31 PPK di Jember hampir tuntas dan pihaknya memprediksi seluruh PPK bisa tuntas pada Kamis ini, namun ternyata meleset.

"Kami berharap dua PPK itu bisa tuntas malam ini kalau tidak ada keberatan dari saksi dan pengawas, sehingga paling lambat rekapitulasi penghitungan di PPK Kaliwates dan Patrang bisa tuntas pada Jumat (26/4)," katanya.

Ia menjelaskan seluruh logistik PPK yang sudah selesai melakukan rekapitulasi dikirim kembali ke gudang KPU Jember dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian dan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten dijadwalkan pada Minggu (28/4) di Hotel Aston Jember.

Baca juga: Rekapitulasi penghitungan suara 31 PPK di Jember hampir tuntas

Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar