Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono mengharapkan kepada pengurus Korpri di lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen) MPR yang baru dikukuhkan agar dapat meningkatan profesionalitas, netralitas dan akuntabilitas, serta kesejahteraan pegawai.

"Semua pengurus harus bahu membahu melaksanakan program kerja, yang sudah disusun, semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh anggota," kata Ma’ruf dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ma’ruf juga berpesan agar pengurus Korpri mampu menjalin silaturahmi dengan Korpri Setjen DPR dan DPD, serta para mantan pegawai MPR.

Harapan itu disampaikan Ma’ruf Cahyono yang juga penasihat Korpri MPR saat memberikan sambutan pada acara pengukuhan Dewan Pengurus Korpri Sekretariat Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat periode 2019-2024 di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (24/4).

Prosesi pengukuhan Dewan Pengurus Korpri Setjen MPR dipimpin Ketua I Dewan Pengurus Korpri Nasional Reydonnyzar Moenek. Pengukuhan Dewan Pengurus Korpri itu ditandai penyerahan Petaka dari Reydonnyzar Moenek kepada Ketua Dewan Pengurus Korpri Setjen MPR Tugiyana.

Selanjutnya Ma’ruf juga berharap Korpri Setjen MPR bisa melakukan kerja sama dengan pengurus Korpri lembaga negara yang lain termasuk Korpri Unit Kementerian, terutama dalam pengembangan minat bakat serta kemampuan anggota.

Selain itu, Korpri Setjen MPR juga harus berkontribusi dan mendukung program-program kerja yang dilaksanakan Dewan Pengurus Korpri Nasional.

"Kita juga harus proaktif dan berpartisipasi aktif dalam rencana mukernas Korpri yang akan dilaksanakan di Jakarta. Yang tak kalah penting, Korpri Setjen MPR juga harus mendukung program-program Sosialisasi Empat Pilar MPR," kata Ma’ruf menambahkan.

Ma’ruf menekankan Korpri juga harus dapat mengajak kalangan Dharma Wanita Unit MPR dalam meningkatkan harkat, martabat dan kesejahteraan seluruh pegawai. Apalagi, dalam waktu dekat pengurus Dharma Wanita Unit MPR akan segera dilantik dan dikukuhkan.

Kepada Dewan Pengurus Korpri Nasional, Ma’ruf menyampaikan, pemilihan Pengurus Korpri Setjen MPR berlangsung secara musyawarah mufakat, tidak menggunakan pemungutan suara (votting). Menurutnya ini merupakan pelaksanaan dari sila keempat Pancasila, “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”.

“Kami tidak sekadar bicara soal Pancasila, tetapi Korpri MPR sudah melaksanakan sila-sila yang ada dalam Pancasila itu sendiri," kata Ma’ruf.

Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2019