..harga daging sapi masih stabil hingga saat ini karena pasokan yang mencukupi.
Jakarta (ANTARA) - Harga daging sapi di sejumlah pasar di wilayah DKI Jakarta, Jumat, masih terpantau stabil menjelang Ramadhan pada kisaran harga Rp110.000 sampai Rp120.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Jatinegara, Yusuf, saat ditemui mengatakan harga daging sapi masih stabil hingga saat ini karena pasokan yang mencukupi.

“Stoknya sih cukup, harganya juga stabil tapi memang daya beli masyarakat terhadap daging sapi sepertinya sedang kurang,” kata Yusuf.

Harga daging sapi di Pasar Jatinegara saat ini rata-rata berada pada posisi stabil yaitu Rp120.000 per kilogram.

Menurut dia, kenaikan harga daging sapi baru terjadi sekitar tiga hari sebelum bulan puasa, dengan perkiraan naik sebesar Rp20.000 sampai Rp25.000 per kilogram.

"Kalau lihat tahun lalu sih naiknya tidak akan sampai Rp50.000 per kilogramnya,” ujar Yusuf.

Harga daging sapi yang stabil juga terpantau di Pasar Senen, rata-rata pada kisaran Rp110.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Senen, Uwi, menyebutkan harga stabil telah berlangsung sejak kurang lebih dua bulan yang lalu.

“Beberapa hari mau Ramadhan baru naik biasanya. Dari pemasok naik Rp5.000 per kilogram, nanti sampai di pedagang pasar naiknya 100 persen, jadi kita naikkan Rp10.000 per kilogram dari harga sebelumnya," jelas Uwi.

Salah seorang pembeli di Pasar Senen, Fitriah, menambahkan bahwa dirinya merasa diuntungkan dengan harga daging sapi yang masih normal.

Ia menjelaskan lebih memilih daging sapi lokal dengan alasan lebih segar, meski harga daging sapi impor asal India lebih murah yaitu sebesar Rp85.000 per kilogram

“Pedagang seperti saya tetap milih yang segar meskipun lebih mahal,” kata Fitriah yang membeli daging sapi sebagai bahan baku untuk berjualan bakso.

Berdasarkan pantauan dari laman Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga daging sapi kualitas 1 di pasar tradisional DKI Jakarta pada Jumat (26/4) rata-rata sebesar Rp129.150 per kilogram dan harga daging sapi kualitas 2 sebesar Rp118.350 per kilogram.

Baca juga: CIPS: Rantai distribusi daging sapi perlu dipangkas
Baca juga: Sapi jenis ini diharapkan bisa wujudkan swasembada daging

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah dan Satyagraha
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019