Biak (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat menempatkan dua tenaga auditor akuntansi untuk membantu penyusunan pengelolaan laporan keuangan penyelenggaraan pemilu serentak 2019 di KPU Kabupaten Biak Numfor,Papua.

"Adanya penempatan tenaga audit keuangan di KPU akan mempermudah pengadministrasian tentang pengelolaan laporan keuangan lembaga penyelenggara pemilu,"ungkap Ketua KPU Biak Matias Yan Morin di Biak,Minggu.

Ia mengharapkan Aparat Sipil Negara (ASN) yang baru mendapat tugas penempatan pertama di lingkungan KPU di Kabupaten Biak Numfor diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan kerja sebagai staf pendukung penyelenggara Pemilu.

Sebagai ASN yang ditugaskan di daerah, menurut Yan Morin, harus mengenal dan memahami budaya daerah yang berlaku di masyarakat Biak.

Ketua KPU Yan Morin berharap dengan penempatan tenaga baru ASN yang berlatarbelakang pendidikan akuntansi diharapkan dapat menciptakan budaya kerja yang bersih dan tertib administrasi keuangan.

"Terlebih lagi dengan penempatan dua auditor berlatar belakang akuntansi diharapkan bisa mencegah adanya penyalahgunaan keuangan di lembaga KPU,"harap Ketua KPU Biak Yan Morin.

Sebelum bertugas di Biak, empat ASN penempatan di KPU Biak Numfor terdiri dua orang lulusan akuntansi dan, satu teknik informatika komputer serta satu tenaga pranata pemilu merupakan lulusan penerimaan formasi tahun 2018.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019