Ribuan Masyarakat Hadiri Kegiatan Supadio Open Base

id Supadio Open Base, Lanud Supadio

Ribuan masyarakat memenuhi landas parkir utama Pangkalan Udara TNI AU Supadio dalam kegiatan Open Base Supadio, di Sungai Raya, Kalimantan Barat, Minggu (28/4). (Istimewa)

Pontianak (ANTARA) - Ribuan masyarakat hadir dalam perhelatan akbar yang bertajuk Supadio Open Base yang dilaksanakan di landas parkir utama Pangkalan Udara TNI AU Supadio.

"Pada kegiatan Supadio Open Base yang kita laksanakan hari Minggu kemarin, dihadiri ribuan masyarakat pontianak itu, menggelar beberapa kegiatan diantaranya colour run, lomba mewarnai, lomba burung berkicau, lomba fotografi, fun bike, lomba ketangkasan baris berbaris, static show dan atraksi pesawat tempur Skadron Udara 1 serta atraksi terjun payung dari anggota Batalyon 465 Paskhas dan Fasida Kalbar," kata Komandan Lanud Supadio, Marsekal Pertama TNI Palito Sitorus, di Sungai Raya, Senin.

Ia menjelaskan, terbang lintas satu flight yang terdiri tiga pesawat tempur dari Skadron Udara 1 Elang Khatulistiwa yang membentuk beberapa formasi begitu memukau masyarakat yang memadati landas parkir utama, apalagi ditambah terjun payung membuat suasana semakin meriah.

"Kegiatan Supadio Open Base merupakan rangkaian puncak Bulan Dirgantara dalan rangka Hari Ulang Tahun Ke-73 TNI Angkatan Udara, dengan tujuan mengenalkan minat kedirgantaraan Lanud Supadio kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat mengetahui tugas dan alutsista yang ada di Lanud Supadio guna mendukung pengamanan wilayah nusantara," tuturnya.

Sitorus mengajak masyarakat untuk sama-sama mencintai kedirgantaraan sekaligus memberikan hiburan kepada masyarakat. Kegiatan Supadio Open Base dikemas dalam beberapa kegiatan yang menarik, mulai dari olah raga, panggung hiburan, kuliner dan atraksi udara yang ditampilkan prajurit Lanud Supadio serta atraksi terjun payung dari anggota Yonko 465 Paskhas dan Fasida Kalbar.

Salah satu kegiatan olah raga yang manarik adalah colour run, ini memadukan hiburan dengan olahraga. "Kegiatan olah raga colour run menunjukkan kepada masyarakat suatu kegembiraan yang dikemas dalam olahraga lari dengan rute disekitar Lanud," tuturnya.

Selain kegiatan tersebut, lanjutnya, ada juga kegiatan lomba kicau burung yang berlangsung di Sport Center Lanud Supadio, lomba mewarnai dan menggambar yang diikuti anak-anak pendidikan anak usia dini, TK dan SD serta anak-anak berkebutuhan khusus digelar di Graha Teddy Kustari, lomba photografi, lomba ketangkasan baris berbaris dan lain-lain.

Pada acara Supadio Open Base masyarakat juga dihibur dengan penampilan DJ Panda, sexy dancer, pemandu sorak, Skadron Udara 1 Band, Denhanud dancer, static show berupa pesawat Hawk 100/200 Skadron Udara 1, helikopter TNI AD, helikopter BNPB, peralatan militer Oerlicon Skyshild dari Denhanud 473 Paskhas dan Batalyon 465 Paskhas serta tidak ketinggalan komunitas motor, komunitas drone.

Pewarta : Rendra Oxtora
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar