Jakarta (Antara) -- Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) mengadakan kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) terkait Kampanye Cerdas Menggunakan Kosmetik untuk Generasi Milenial yang dilaksanakan di Politeknik Negeri Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat, (26/04).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Badan POM terhadap generasi milenial yang dengan mudahnya mendapatkan informasi dan produk kosmetik melalui internet. Badan POM berharap generasi milenial saat ini dapat menjadi pelopor konsumen cerdas yang menggunakan kosmetik aman.

“Kami berharap, adik-adik generasi milenial dapat menjadi pelopor konsumen cerdas dalam menggunakan kosmetik aman. Jadilah duta yang mempromosikan obat dan makanan aman, bermanfaat, dan bermutu kepada keluarga, tetangga, sahabat, dan teman terdekat,” ujar Kepala Badan POM Penny K. Lukito.

Pelaksanaan kegiatan KIE dilakukan di Kota Batam, Kepulauan Riau yang dijuluki “Kota Industri” karena letaknya yang strategis, berada di jalur pelayaran Internasional. Dengan kedekatan jarak dan berbatas langsung dengan Singapura dan Malaysia, sangat berpotensi masuknya produk obat dan makanan dari luar negeri.

Kegiatan ini dihadiri Walikota Batam, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Direktur Politeknik Negeri Batam, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Kepulauan Riau, Kepala Universitas Terbuka Batam, Ketua Bhayangkari Polri Kota Batam, Ketua Persit Chandrakirana Kota Batam, Ketua PKK Kota Batam, serta sekitar 200 perwakilan pelajar dan mahasiswa di Batam.

Pengawasan obat dan makanan, lanjut Penny, berperan strategis dalam melindungi kesehatan masyarakat dan menjadi daya saing bangsa. Kehadiran Balai POM di Batam juga masih  membutuhkan peran pelaku usaha, akademisi, masyarakat, dan media yang berperan penting mewujudkan keamanan obat makanan di negeri ini.

“Kami pun berharap kerja sama Badan POM dengan stakehoder yang terkait di daerah terus ditingkatkan dalam mendukung efektivitas pengawasan obat dan makanan. Karena bagaimana pun juga Badan POM masih membutuhkan peran penting dan dukungan dari stakeholder,” lanjutnya.

Selain itu, rangkaian lain dari KIE adalah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Balai POM Batam dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) yang menjadi awal kolaborasi sinergis dengan lintas sektor dalam meningkatkan pengawasan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019