Jakarta (ANTARA) - Fotografer Rio Wibowo atau yang dikenal dengan nama Rio Motret membagikan tips untuk mendapatkan foto yang layak unggah pada layanan berbagi foto dan video singkat Instagram atau instagrammable.

"Sebenarnya enggak susah sih, (hal) yang penting kamu punya kamera, punya lensa yang tepat, model yang tepat, dan yang paling penting bisa mengarahkan model dengan benar," kata Rio dalam peluncuran lensa baru kamera Nikon di Jakarta Pusat, Selasa.

Rio mengatakan foto yang instagrammable hanya cukup mengandalkan kamera dan kelihaian mengarahkan objek foto.

1. Arahkan model

Menurut Rio, kemampuan mengarahkan model menjadi hal paling penting agar pesan yang diinginkan dari hasil foto tersampaikan.

"Mengarahkan model itu bisa kita pelajari dari body language kita sehari-hari. Orang bilang susah, padahal duduk, pegang dagu, atau mimik wajah sedang berfikir sebenarnya juga bisa dijadikan pose," ujar Rio.

2. Lokasi fotogenik

Cari lokasi yang fotogenik agar orang lain tertarik untuk menekan tombol “like” dalam akun Instagram kita.

Baca juga: Tips menangkap senja lewat kamera ponsel

3. Angle anti-mainstream

Rio menyarankan untuk mengambil sudut foto (angle) yang tidak populer (anti-mainstream) dan mengeksplorasinya supaya hasil foto tidak membosankan.

"Jangan takut untuk eksplorasi angle yang belum pernah diambil orang lain. Kalau sudah nemu tempat yang bagus tapi angle-nya gitu-gitu aja, ya hasil fotonya akan membosankan," katanya.

4. Warna natural

Rio mengatakan pemilihan corak (tone) warna sangat penting. Warna-warna natural seperti putih, menurut Rio, akan lebih disukai orang.

Selain itu, Rio menyarankan untuk tidak terlalu banyak mengolah foto dengan fitur edit foto (filter) agar enak dilihat.

“Yang terpenting karya portofolio kita harus bagus, dan jangan berhenti berusaha. Kalau kita terus berkarya dan kualitas karya kita bagus, pasti suatu saat akan ada hasilnya dan orang akan notice karya kita,” kata fotografer langganan selebritas tersebut.

Baca juga: 8 Tips buat foto Instagram kece saat berwisata

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019