Jakarta (ANTARA) - Sekretaris perusahaan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI Persero) memberikan bantuan bagi korban bencana alam longsor dan pergerakan tanah di Kampung Gunung Batu Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat
Jakarta (ANTARA) - Beberapa rumah yang hancur akibat bencana alam longsor dan pergerakan tanah di Kampung Gunung Batu Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Foto humas PT PPI
.

Dalam siaran pers yang diterima Antara Jakarta, Rabu, pemberian bantuan secara simbolis diserahkan oleh Sekretaris Perusahaan PT PPI Syailendra kepada Kepala Desa Kertaangsana Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, pada Senin 29 April 2019.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) memberikan bantuan kepada korban bencana alam longsor dan pergerakan tanah di Kampung Gunung Batu Desa Kertaangasana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Hingga saat ini, retakan tanah terus meluas. Bahkan, kala kendaraan melintasi jalan Nyalindung-Sagaranten, tanah bergetar kuat dirasakan warga. Ratusan Kepala Keluarga masih mengungsi karena kondisi rumah mereka yang hancur, dan banyak akses infrastruktur yang rusak dan memerlukan perbaikan.

Pergerakan tanah di Desa Kertaangsana terjadi karena berbagai faktor. Misalnya akibat faktor bebatuan, kemiringan lereng dan tata guna lahan. Namun hasil kajian sementara dari Tim ahli geologi PVMBG menyebutkan adanya lapisan tanah yang tergerus aliran air yang bisa menjadi penyebab pergerakan tanah tersebut.

Hal lainnya ini terjadi karena adanya daya tarik salah satunya akibat faktor curah hujan yang tinggi.

Baca juga: PPI disiapkan jadi eksportir tunggal rotan setengah jadi

Penyerahan bantuan ini sebagai wujud kepedulian BUMN kepada korban terdampak bencana. Kementerian BUMN melalui PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) / PPI (Persero) dan BNI (Persero) sebagai BUMN Koordinator, melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, dalam hal pemberian bantuan kepada korban bencana agar tepat sasaran, tepat jumlah dan sesuai kebutuhan.

Sampai saat ini bantuan yang diberikan PT PPI berupa makanan ringan, mie instan, susu, pampers, peralatan mandi, dan lain-lain.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan kepada Kepala Desa Kertaangsana. PT PPI bersama BNI sebagai koordinator juga sekaligus mengadministrasikan bantuan BUMN – BUMN Donatur agar bantuan bencana tersebut dapat diinventarisir dengan baik melalui Posko induk BUMN.

Baca juga: PPI tambah pasokan daging 1.000 ton selama Ramadhan

 

Pewarta: Jaka Sugiyanta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019