Yogyakarta (ANTARA) - Peringatan Hari Buruh Sedunia di Kota Yogyakarta tidak hanya identik dengan aksi demo, tetapi juga meliputi kegiatan-kegiatan bertema keluarga seperti yang digelar di Kompleks Balai Kota Yogyakarta pada Rabu.

Perayaan Hari Buruh di Kompleks Balai Kota Yogyakarta dimulai dengan senam pagi bersama, lalu dilanjutkan dengan lomba gerak jalan dan yel-yel yang diikuti puluhan tim dari perusahaan-perusahaan. Selain itu, keluarga karyawan juga bisa mengikuti kegiatan dengan mengikuti lomba menggambar dan mewarnai.

"Sesuai dengan tema yang diangkat yaitu May Day is Family Day, maka pada hari ini kami melibatkan pekerja dan keluarganya untuk bersama-sama merayakan Hari Buruh. Ada beberapa kegiatan yang bisa diikuti bersama," kata Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Lucy Irawati.

"Kami ingin mengisi peringatan Hari Buruh dengan kegiatan yang bermanfaat dan produktif. Tidak hanya untuk buruh, tetapi juga masyarakat," katanya.

Dalam acara peringatan Hari Buruh di Balai Kota Yogyakarta, para pelaku usaha kecil mikro yang tergabung dalam forum komunikasi UMK dari 14 kecamatan di Kota Yogyakarta juga menampilkan produk-produk mereka.

Lucy berharap kegiatan tersebut dapat mengubah cara pandang masyarakat, yang umumnya masih mengidentikkan May Day dengan kegiatan orasi atau aksi unjuk rasa.

Sementara Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan peringatan Hari Buruh harus dimaknai sebagai wujud ekspresi kegembiraan atas keberhasilan dan andil para pekerja dalam memajukan ekonomi di dunia.

"Dengan demikian, dalam peringatan Hari Buruh ini perlu diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan produktif," kata Heroe.

Meskipun demikian, Heroe mengingatkan perusahaan-perusahaan supaya tetap memperhatikan kesejahteraan karyawan mereka dengan memberikan hak yang harus diperoleh oleh setiap pekerja.

"Sudah ada aturannya dan perusahaan pun wajib mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Misalnya soal upah," katanya.

Selain itu, Heroe mengatakan, komunikasi yang baik antara karyawan dan perusahaan juga menjadi kunci penting dalam pengembangan perusahaan.

"Dengan komunikasi yang baik, pekerja bisa memahami arah perkembangan perusahaan dan mendukung upaya tersebut dengan maksimal," katanya.

Baca juga:
Presiden ajak masyarakat rayakan Hari Buruh dengan kegembiraan
Wapres imbau buruh tertib peringati May Day


Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019