Wamena (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Jayawijaya, Provinsi Papua Sonimo Lani mengatakan baru satu dari 40 distrik yang sudah merampungkan hasil pleno tingkat distrik dan menyerahkan hasilnya ke KPU Jayawijaya.

Sonimo Lani di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu, mengatakan hasil pemilu tingkat distrik yang sudah diterima adalah Distrik Hubikiak.

"Distrik Hubikiak diserahkan tanggal 29 April. Sudah lengkap semua. Distrik yang lain semua belum," katanya.

KPU menargetkan pada jemput paksa yang akan dilakukan dua hari, mulai 1-2 Mei ini sudah ada logistik hasil rekapan distrik yang masuk agar dilanjutkan dengan pleno kabupaten.

Setelah dua hari jemput paksa, KPU berencana melakukan pleno tingkat kabupaten selama dua hari yaitu Jumat, (3/5) hingga Sabtu, (4/5).

"Hari ini saya buat undangan pleno kabupaten untuk Forkopimda dan pihak terkait untuk kita buka rapat pleno tanggal 3 Mei," katanya.

Dari informasi yang diperoleh menurut Sonimo, rata-rata penghitungan suara di 40 distrik sudah selesai, tetapi belum diserahkan ke KPU sehingga harus dijemput paksa.

Sonimo mengaku sudah meminta kepada aparat keamanan yang turun ke distrik-distrik untuk menindak tegas oknum pejabat atau caleg yang menghalangi penjemputan logistik tersebut.

"Untuk PPD, PPS sebagai bawahan saya, sudah saya sampaikan bahwa tidak berafiliasi dengan calon. Tadi saya tegaskan juga untuk kepala kampung, distrik, caleg yang sengaja menghalangi harus ditindak tegas," katanya.

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019